Sukses

8 Fakta Menarik Jelang Duel Swiss Vs Polandia

Kedua tim sama-sama baru pertama kali tampil di fase gugur Piala Eropa.

Liputan6.com, Saint-Etienne - Dua tim kuda hitam akan mengadu nasib di perdelapan final Piala Eropa 2016. Mereka adalah Swiss dan Polandia. Kedua akan beradu kekuatan di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Sabtu (25/6/2016).

Swiss sukses mengambil keuntungan dari persaingan Grup A yang relatif tak terlalu sulit. Itu karena mereka hanya bertemu tuan rumah Prancis, Albania, dan Rumania. Setelah menang 1-0 atas Albania, Swiss pun sukses menahan Rumania 1-1 dan Prancis 0-0.

Baca Juga

  • Prediksi Kroasia Vs Portugal: Ronaldo Unjuk Gigi Lagi?
  • Prediksi Swiss Vs Polandia: Ketat Sejak Menit Pertama
  • Lorenzo Bingung Temukan Gaya Balap di Assen

Raihan lima poin dari tiga pertandingan yang membuat Swiss berhak melaju ke perdelapan final Piala Eropa 2016 sebagai runner up Grup A. Buat Swiss, ini adalah kali pertama mereka tampil di fase gugur putaran final Piala Eropa. Sebelumnya, mereka selalu terhenti di fase grup.

Di lain pihak, Polandia juga baru kali pertama tampil di fase gugur putaran final Piala Eropa. Sukses itu didapat setelah Polandia menjadi runner up Grup C. Catatan mereka adalah menang 1-0 atas Irlandia, 0-0 dengan Jerman, dan menang 1-0 atas Ukraina.

Polandia gagal menguasai Grup C hanya karena kalah produktivitas gol dari Jerman. Berbagai catatan itu yang membuat duel antara Swiss dan Polandia menarik untuk disimak. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Fakta Menarik


1. Swiss hanya memenangi dua dari 12 laga Piala Eropa (4 imbang, 6 kalah).

2. Mereka hanya kebobolan satu gol di Piala Eropa 2016. Itu pun dari penalti saat melawan Rumania.

3. Polandia tak pernah mencetak lebih dari satu gol di sembilan laga terakhir Piala Eropa. Namun, mereka belum kebobolan satu gol pun di Piala Eropa 2016, menyamai catatan Jerman.

4. Robert Lewandowski tak pernah kembali mencetak gol setelah melawan Yunani pada 2012. Total, ia sudah paceklik gol selama 523 menit di Piala Eropa.

5. Swiss belum pernah menang di fase gugur turnamen besar dari empat kesempatan setelah menaklukkan Jerman di putaran pertama Piala Dunia 1938.

6. Dua gol Swiss di Piala Eropa 2016 tercipta dari situasi sepak pojok.

7. Jakub Blaszczykowski telah berkontribusi dalam empat dari lima gol Polandia di Piala Eropa (4 gol, 4 assist).

8. Empat dari tujuh gol Swiss di Piala Eropa didapat dari situasi bola mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini