Sukses

Prediksi Wales Vs Irlandia Utara: Panggung 2 Debutan

Babak 16 besar Piala Eropa 2016 kembali mempertemukan dua tim debutan.

Liputan6.com, Paris - Babak 16 besar Piala Eropa 2016 kembali mempertemukan dua tim debutan. Dua negara Britania Raya, Wales dan Irlandia Utara akan saling berhadapan di Stadion Parc Des Princes, Sabtu (25/6) malam nanti.

Pertandingan nanti merupakan laga kedua pertemuan dua tim yang kali pertama tampil di Piala Eropa. Sebelumnya, ada Wales dengan Slovakia di penyisihan Grup B lalu. Keduanya, menjadi dua dari empat tim debutan yang sukses membuat kejutan di Prancis dengan menyingkirkan tim-tim besar seperti Austria, Rusia, Ukraina, dan Rumania.

Baca Juga

  • Mourinho Datang, 5 Pemain MU Ini Bakal Bersinar Lagi
  • Jadwal Piala Eropa 2016: Siaran Langsung Nanti Malam
  • Ogah Kebobolan, Kroasia Bakal 'Matikan' Ronaldo



Pertempuran di Paris nanti bisa menjadi pembuktian bagi Wales dan Irlandia Utara. Pasukan Chris Coleman tentu lebih diunggulkan dengan sederet bintang-bintang yang berada di klub besar Eropa, sebut saja Gareth Bale (Real Madrid), Aaron Ramsey (Arsenal), atau Joe Allen (Liverpool).

Namun menurut Coleman, Irlandia Utara bisa memberikan masalah yang berbeda untuk timnya dibanding Rusia yang mereka kalahkan 3-0 di penyisihan lalu. Karena di mata Coleman, karakter permainan Irlandia Utara berbeda dengan Rusia.

“Saya pikir, tim-tim akan melihat kami dan tahu di mana bisa menembus kami. Mereka (Irlandia Utara) tidak hanya keluar dan memainkan permainan terbuka melawan kami. Hebat, jika mereka melakukan itu, tapi saya tidak mengharapkannya. Jadi, kami mungkin harus sedikit bersabar,” ujar Coleman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prakiraan pemain

Laga di 16 besar nanti merupakan pertemuan pertama keduanya di turnamen besar. Kali terakhir keduanya bertemu adalah di pertandingan persahabatan, Maret lalu, yang berakhir imbang 1-1. Coleman pun meminta kepada para pemainnya untuk tidak keluar dari rencana permainan terbaik mereka sejauh ini.

“Kami harus berkonsentrasi dalam melihat setelah rencana permainan, dan tidak terlalu khawatir dengan rencana permainan lawan serta terbawa dengan apa yang mereka lakukan,” Coleman menegaskan.

Kapten Wales, Ashley Williams pun berkaca kepada laga melawan Rusia yang dianggap sebagai permainan terbaik mereka di Piala Eropa 2016. Saat itu, tim berjulukan The Dragons ini unggul dalam tembakan (19) dengan tepat sasaran sebanyak 11 tendangan. Lini pertahanan mereka juga solid dengan bermain ama setelah melakukan 23 sapu bersih.

“Kami tahu, melawan Irlandia Utara akan menjadi pertandingan yang sulit. Dan jika kami meraih kemenangan, kami semua perlu untuk melakukannya lagi (seperti melawan Rusia),” Williams menimpali.



Sementara, Bale menjadi sorotan di kubu Irlandia Utara. Meski mengakui Bale sebagai pemain yang berbahaya, namun tim berjulukan Norn Iron tidak terlalu mengkhawatirkannya.

Pelatih Irlandia Utara, Michael O’Neill mengatakan, timnya sudah membaca pergerakan dan permainan Wales dengan kehadiran Bale. Hanya, satu yang perlu diketahui Wales adalah, Irlandia sudah membuktikan bahwa mereka mampu menghadapi serangan bertubi-tubi ketika hanya kalah 0-1 dari Jerman di pertandingan terakhir Grup C lalu.

“Kami sangat kuat dalam bertahan. Jadi, kami siap untuk berurusan dengan Bale. Kami tahu ancamannya, ancaman di set piece, kekuatannya dalam berlari, kecepatannya, ancaman golnya. Kami perlu meredam Bale,” ucap O’Neill.

Wales: (3-4-2-1)
1 Hennessey; 5 Chester, 6 Williams, 4 Davies; 2 Gunter, 7 Allen, 16 Ledley, 3 Taylor; 10 Ramsey, 11 Bale; 9 Robson-Kanu
Cadangan: 12 O. Williams, 19 Collins, 17 Cotterill, 18 Vokes, 14 Edwards, 8 King, 23 Church
Pelatih: Chris Coleman

Irlandia Utara (4-5-1)
1 McGovern; 18 Hughes, 4 McAuley, 20 Cathcart, 5 Evans; 6 Baird, 8 Davis, 16 Norwood, 19 Ward, 14 Dallas; 10 Lafferty
Cadangan: 12 Carroll, 11 Washington, 13 Evans, 21 Magennis, 7 McGinn, 17 McNair, 3 Ferguson
Pelatih: Michael O’Neill

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini