Sukses

Strategi Pemilihan Ban Tepat, Rossi Puas Start di Barisan Depan

Liputan6.com, Assen - Sesi kualifikasi MotoGP Assen di Sirkuit Assen, Belanda, Sabtu (25/6/2016) malam WIB, diwarnai hujan. Tentu saja hal ini membuat sebagian pembalap kesulitan.

Beberapa jagoan balap MotoGP 2016 seperti Maverick Vinales dan Marc Marquez terjatuh dalam sesi kualifikasi. Bahkan, juara musim lalu, Jorge Lorenzo harus mengawali balapan dari urutan ke-11.

Baca Juga

  • Wawancara Dua Calon Murid Rossi: Bukan Sekadar Bertemu Idola
  • Pedrosa Ungkap Hal Menakutkan di MotoGP Assen
  • Inggris Kalah, Perusahaan Islandia Ajak Nonton Ikan Paus

Sebagain besar pembalap MotoGP dibuat kesulitan karena hujan yang turun di Asssen. Namun hal itu tidak berlaku untuk Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu mencatatkan waktu terbaik kedua saat sesi kualifikasi.

Rossi bisa menaklukkan Sirkuit Assen dengan kondisi basah berkat pemilihan ban yang tepat. "Ketika baru tiga lap berada di lintasan, saya mengerti bahwa bagian belakang sering bergeser," kata Rossi dilansir Crash.

"Ada beberapa titik di lintasan yang sudah kering, jadi kami butuh ban lembut dalam kondisi seperti ini. Kami memlih menggunakan ban medium untuk melaju dan itu pilihan yang tepat," ujar pembalap Italia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puas

Berkat pemilihan yang tepat, Rossi bakal start dari barisan terdepan. Strategi timnya membuat dia puas. "Ini bekerja sangat baik dan saya senang. Memang memalukan tidak bisa pole, tapi sangat penting berada di barisan terdepan saat start," ucap Rossi.

Untuk balapan nanti, pria berusia 37 tahun tersebut berharap Sirkuit Assen tidak diguyur hujan. Dia mengharapkan hal itu karena Rossi mengincar kemenangan kesepuluh di MotoGP Assen.

"Saya berharap lintasannya kering supaya saya bisa kompetitif. Tapi kami harus melihat kondisi cuaca. Sebab, sangat sulit untuk membuat pilihan menggunakan ban kering atau basah saat hujan tiba-tiba turun," ujarnya.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (JOSEP LAGO / AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.