Sukses

Goldman Sachs: Prancis Berpeluang Besar Juara Piala Eropa 2016

Liputan6.com, Paris - Piala Eropa 2016 sudah memasuki fase knock out. Semakin dekatnya partai final membuat banyak orang penasaran soal pemenang kejuaraan ini.

Seperti dikutip dari weforum.org, tim riset ekonomi Goldman Sachs menyebut Prancis sebagai tim yang punya peluang besar memenangkan kejuaraan. Terlebih lagi, Prancis merupakan tuan rumah.

Baca Juga

  • Wawancara Dua Calon Murid Rossi: Bukan Sekadar Bertemu Idola
  • Pedrosa Ungkap Hal Menakutkan di MotoGP Assen
  • Inggris Kalah, Perusahaan Islandia Ajak Nonton Ikan Paus

Goldman melakukan penelitian ini dengan menghitung sejarah dan data-data masing-masing tim. Tidak hanya itu, dia juga menghitung kekuatan tim di babak penyisihan grup.

Dengan hal tersebut, Prancis mempunyai persentase kemenangan menjuarai Piala Eropa sebesasar 23,1 persen. Persentase itu bahkan lebih besar dari juara Piala Dunia 2014, Jerman yang mengantongi kans sebesar 19,9 persen.

Tingkat keberhasilan Prancis juga disebut lebih besar dari juara bertahan Piala Eropa 2012, Spanyol. Tim besutan Vicente Del Bosque itu hanya punya peluang sebesar 13,6 persen untuk mempertahankan gelarnya.

Inggris berada di posisi keempat. Wayne Rooney dan kawan-kawan disebut mempunyai peluang meraih Piala Eropa 2016 sebesar 10,5 persen.

Sementara itu, tim yang baru saja memastikan satu tempat di babak delapan besar, Portugal disebut Goldman punya peluang kecil menjadi juara. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya memiliki peluang delapan persen.

Lawan Portugal di babak delapan besar, Polandia tidak masuk perhitingan Goldman. Polandia yang mengandalkan Robert Lewandowski itu punya peluang sekitar 1,5 persen untuk menjadi juara Piala Eropa 2016.

"Sulit meyakinkan kepercayaan orang mengenai prediksi ini. Kami melakukan pendekatan dengan sangat hati-hati dan mempertimbangkan sifat stochastic turnamen menggunakan metode statistik. Kami berpikir bahwa rekam jejak sebuah negara sangatlah penting," bunyi penjelasan Goldman.

Ini bukan kali pertama Goldman memberikan prediksi mengenai turnamen besar di sepak bola. Pada 2014, dia memprediksi Brasil menjuarai Piala Dunia dan mengatakan bahwa kesempatan Tim Samba memenangkan kejuaraan sebesar 48 persen.

Namun prediksinya itu salah. Tim Samba malah terhenti di babak semifinal setelah kalah telak 1-7 dari Jerman yang keluar sebagai pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.