Sukses

Pelatih Rusia Resmi Mengundurkan Diri

Leonid Slutsky resmi mengundurkan diri setelah gagal di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Pelatih tim nasional Rusia Leonid Slutsky secara resmi megundurkan diri. Keputusan itu dia ambil usai penampilan mengecewakan tim asuhannya di Piala Eropa 2016. Rusia gugur di fase grup sebagai peringkat terakhir Grup B dengan hanya mengoleksi 1 poin.

Slutsky yang sebelumnya menangani CSKA Moskow menerima panggilan sebagai pelatih Rusia pada Agustus 2015, menggantikan Fabio Capello yang dipecat.

Setelah kekalahan 0-3 dari Wales, Selasa (21/6/2016) pekan lalu, Slutsky memberikan sinyal bakal dipecat. Dia menyebut timnya butuh seorang penanggung jawab. Benar saja, beberapa hari kemudian, Federasi sepak bola Rusia tidak memperpanjang kontrak sang pelatih.

 

Baca Juga

  • Deschamps: Payet Layak Jadi Ikon Baru Prancis
  • Diam-diam Ancelotti Ingin Tangani Inggris
  • Kembali Bertemu Chile, Argentina Pantang Kalah Lagi

 

"Saya secara umum sangat puas dengan kerja Leonid Viktorovich (Slutsky). Saya pikir dia satu dari pelatih-pelatih terbaik kami. Saya dengan sepenuh hati berterima kasih padanya," tutur presiden RFS Vitaly Mutko kepada R-Sport, dilansir dari Soccerway, Minggu (26/6) malam.

Rusia memang kurang beruntung di Piala Eropa kali ini karena kehilangan pemain kunci seperti Alan Dzagoev dan Igor Denisov yang cedera. Dari tiga kali tampil di penyisihan Grup B, tim berjuluk Elang Emas itu imbang sekali dan menelan dua kekalahan melawan Inggris, Slovakia, dan Wales.

"Slutsky mendapatkan tim dalam situasi yang sulit, ketika kami hampir tak punya peluang untuk mencapai Piala Eropa," kata Mutko. "Apa yang terjadi di Euro disebabkan banyak hal, saya tak ingin mengatakannya. Pendapat saya, Slutsky bekerja dengan baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.