Sukses

Taklukkan Sirkuit Favorit Rossi, Miller Nyaris Tak Percaya

Miller diuntungkan dengan hujan deras yang membuat red flag sempat dikibarkan.

Liputan6.com, Assen - Jack Miller, pembalap Estrella Galicia, resmi  jadi penguasa MotoGP Belanda 2016. Balapan yang diwarnai hujan dan sempat dihentikan itu ditaklukkan Miller dengan catatan waktu 22 menit 17,447 detik. Itu menjadi kemenangan perdana Miller di MotoGP.

Sejatinya, pria bernama lengkap Jack Peter Miller itu bukan pembalap yang disegani di kelas MotoGP. Pasalnya, ia termasuk pembalap yang masih minim pengalaman. Maklum, ia baru merasakan kerasnya persaingan di MotoGP sejak 2015.

Baca Juga

  • Laga Arema Kontra Persipura Berakhir Tanpa Pemenang
  • Detik-detik Valentino Rossi Jatuh di Sirkuit Assen
  • Bek Kroasia: Portugal Lebih Jelek daripada Turki dan Rep. Ceko

Musim perdananya saat itu juga berjalan tak begitu baik. Pada MotoGP 2015, ia hanya mampu finis di urutan ke-19 klasemen pembalap. Rapor Miller di musim ini sebelum MotoGP Belanda pun terbilang buruk. Catatan terbaiknya adalah finis di urutan ke-10 MotoGP Catalan.

Namun, keberuntungan menaungi Miller saat melakoni balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016). Balapan yang sempat dihentikan dan diwarnai hujan itu memberikan Miller kemenangan perdananya di MotoGP.

"Saya tak tahu apa yang saya rasakan saat ini. Banyak orang yang meremehkan kami dan mengatakan bahwa proyek ini tak akan bekerja. Tapi, saya hanya berharap kami membuktikan bahwa mereka saya dan bahwa saya bukan idiot," tutur Miller seperti dikutip Motorsport.

"Terima kasih kepadaHonda untuk memberikan kepercayaan ini kepada saya. Ini benar-benar luar biasa. Saya tak bisa berkata-kata," ujar Miller, nyaris tak percaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbau Keberuntungan

Betul, kemenangan Miller jelas berbau keberuntungan. Itu karena balapan sempat kembali dihentikan pada lap ke-15. Red flag terpaksa dikibarkan karena hujan deras yang mengguyur lintasan.

Ketika balapan kembali dimulai, banyak pembalap yang bertumbangan. Salah satu pembalap yang gagal menyelesaikan balapan adalah Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha. Ia terpaksa menyudahi balapan di lap ke-17.

Tentu saja, kemenangan di Sirkuit Assen berarti banyak bagi Miller. Maklum, ini adalah salah satu sirkuit favorit Rossi. Sejak masih balapan di kelas 125cc, Sirkuit Assen sudah memiliki tempat di hati The Doctor. Ia sempat merebut podium juara pada musim 1997. Ketika naik kelas jadi 250cc pada 1998, Rossi kembali jadi juara di Belanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.