Sukses

Babak I: Jerman Unggul 2 Gol atas Slovakia

Boateng dan Gomez menjadi pencetak dua gol Jerman di babak pertama.

Liputan6.com, Villeneuve d'Ascq - Jerman berpeluang besar lolos ke perempat final Piala Eropa 2016. Mereka unggul 2-0 atas Slovakia pada babak pertama laga perdelapan final di Stade Pierre-Mauroy, Minggu (26/6/2016).

Menghadapi Slovakia, pelatih Jerman, Joachim Loew, tak mau mengambil risiko. Ia menurunkan kekuatan terbaiknya dalam daftar starting XI. Nama-nama seperti Thomas Muller, Mario Gomez, Toni Kroos, Mesut Ozil, dan Sami Khedira dipasang sebagai starter.

Baca Juga

  • Taklukkan Sirkuit Favorit Rossi, Miller Nyaris Tak Percaya
  • Marquez Bersyukur Valentino Rossi Terjatuh
  • Klasemen MotoGP 2016 Setelah Rossi Gagal Finis

Itu yang membuat Jerman langsung mengambil alin permainan sejak awal. Tanpa butuh waktu lama, Der Panzer pun langsung membuka keunggulan saat laga baru berjalan delapan menit. Berawal dari sepak pojok, Jerome Boateng memanfaatkan bola liar dengan melepaskan tendangan first time yang menghujam ke sisi kanan gawang Slovakia.

Sejatinya, Jerman memiliki kesempatan untuk menambah keunggulan. Wasit Szymon Marciniak menunjuk titik putih setelah Martin Skrtel dianggap melanggar Mario Gomez di kotak terlarang. Sayang, Ozil yang maju sebagai eksekutor di menit 13 gagal menaklukkan kiper Matus Kozacik.

Meski gagal menggandakan keunggulan, Jerman tak putus asa. Mereka terus menggempur barisan pertahanan Slovakia. Salah satu peluang didapat Ozil di menit 42. Sayang, tendangan Ozil dari dalam kotak penalti masih menyamping tipis di sisi gawang Kozacik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Slovakia Maksimalkan Serangan Balik

Di lain pihak, Slovakia berjuang keras untuk keluar dari tekanan Jerman. Karenanya, mereka hanya bisa memaksimalkan kesempatan untuk melakukan serangan balik. Salah satu peluang didapat Slovakia di menit 41.

Bek kanan Slovakia, Peter Pekarik, mengirimkan bola crossing yang disambut Juraj Kucka dengan sundulan dari depan gawang Manuel Neuer. Sayang, hasil sundulan Kucka masih bisa ditepis Neuer. Bisa dibilang, itu adalah satu-satunya peluang emas Slovakia di babak pertama.

Ironisnya, gawang Slovakia malah kembali bergetar di menit 43. Akselerasi Julian Draxler dari sisi kanan pertahanan Slovakia mampu dimaksimalkan Gomez untuk menggandakan keunggulan. Skor 2-0 untuk Jerman bertahan hingga babak pertama berakhir.

Susunan Pemain:

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Boateng, Hummels, Hector, Kimmich; Khedira, Kroos; Ozil, Draxler, Muller; Gomez

Slovakia (4-3-3): Kozacik; Skrtel, Pekarik, Durica, Gyomber; Hamsik, Hrosovsky, Skriniar; Duns, Weiss, Kucka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini