Sukses

Final Copa America 2016: Satu Langkah Messi Menuju Sejarah

Balas dendam dan meraih trofi perdana adalah dua misi Messi di final.

Liputan6.com, New Jersey - Lionel Messi sukses mengantarkan Argentina maju ke final Copa America untuk kali kedua secara beruntun. Final Copa America 2016 kontra Chile pun menjadi kesempatan Messi untuk menorehkan sejarah hebat bersama La Albiceleste.

Melihat catatan prestasi Messi bersama Barcelona dan Argentina memang seperti langit dan bumi. Di Barca, Messi adalah tokoh utama di balik puluhan gelar yang masuk lemari trofi mereka. Sangat berbeda dengan kiprahnya bersama Argentina.

Baca Juga

  • Klasemen MotoGP 2016 Setelah Rossi Gagal Finis
  • Marquez Bersyukur Valentino Rossi Terjatuh
  • Detik-detik Valentino Rossi Jatuh di Sirkuit Assen

Hingga kini, tak satu pun trofi yang sukses disumbangkan Messi buat Argentina. Hal yang bisa dibanggakan Messi adalah saat ia menyumbangkan gelar Piala Dunia U-20 2005 dan medali emas Olimpiade 2008. Tentu, itu bukan gelar yang bergengsi bagi pemain sekaliber Messi.

Sejatinya, sudah beberapa kesempatan emas yang dilewatkan Messi bersama Argentina. Kesempatan pertama datang di final Copa America 2007. Sayang, saat itu Argentina dipermalukan Brasil tiga gol tanpa balas di final.

Kesempatan selanjutnya datang pada Piala Dunia 2014. Sialnya, lagi-lagi hanya status runner up yang dipersembahkan Messi buat Argentina. Di final, Argentina menyerah 0-1 dari Jerman. Dan, Messi memiliki kesempatan ketiga kala mengantarkan Argentina ke final Copa America 2015. Ironisnya, lagi-lagi Messi harus tertunduk lesu setelah Argentina kalah dari Chile lewat adu penalti.

Kini, pemain berusia 29 tahun itu memiliki kesempatan untuk menuntaskan dendam sekaligus menorehkan sejarah bersama Argentina. La Albiceleste akan berlaga pada final Copa America 2016 di MetLife Stadium, Senin (27/6/2016) pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Top Scorer Argentina



"Saya pikir apa yang telah dilakukan tim ini, mencapai tiga final berturut-turut, itu adalah sesuatu yang mengesankan. Mudah-mudahan kami bisa menyelesaikannya dengan kemenangan. Itu karena kami layak mendapatkan hal tersebut," tutur Messi seperti dikutip Soccerway.

Messi sendiri baru saja mengukir rekor hebat di Copa America. Satu gol ke gawang Amerika Serikat membuat dirinya berhak menyandang status sebagai Top Scorer Argentina sepanjang masa. Ia melampaui torehan Gabriel Batistuta.

Messi kini telah mencetak 55 gol dalam 112 pertandingan internasional. Sedangkan, Batistuta membuat 54 gol di 77 partai. Torehan gol Messi di timnas Argentina bisa semakin membengkak mengingat La Pulga masih di usia produktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.