Sukses

Hazard Gemilang, Belgia Cukur Hungaria

Hazard mencetak gol ketiga kemenangan Belgia.

Liputan6.com, Toulouse- Belgia tampil perkasa di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Pasukan Marc Wilmots melaju ke perempat final setelah melumat Hungaria 4-0 di Stadion Municipal, Toulouse, Senin (27/6/2016) dini hari WIB.

Eden Hazard menjadi bintang kemenangan Belgia. Pemain Chelsea ini mencetak satu gol dan satu assist. Di perempat final, Belgia akan bersua Wales.

Turun dengan kekuatan terbaik, Belgia langsung mengempur Hungaria begitu pertandingan dimulai. Laga baru berjalan tujuh menit, Belgia sudah mendapat peluang emas. Sepakan Kevin de Bruyne masih bisa digagalkan oleh Gabor Kiraly.

Baca Juga

  • Madrid Siap Lepas James ke MU, Asalkan...
  • Striker Spanyol Puji Kokohnya Pertahanan Italia
  • The Jakmania Minta Maaf atas Kerusuhan di SUGBK


Tiga menit berselang, Belgia akhirnya bisa membuka keunggulan. Umpan tendangan bebas De Bruyne disundul oleh pemain belakang Toby Alderweireld. Derasnya sundulan pemain Tottenham Hotspur itu membuat bola gagal dibendung Kiraly.

De Bruyne nyaris menggandakan keunggulan Belgia di menit 23. Lewat serangan balik cepat, Romelu Lukaku memanjakan De Bruyne dengan umpan terobosan. Akan tetapi sepakan De Bruyne masih tepat ke arah Kiraly.

Memasuki pertengahan babak pertama, Hungaria mulai bisa menciptakan peluang. Aksi Balasz  Dzsudzsak membuat kiper Belgia Thibaut Courtois jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Belgia harusnya bisa menggandakan keunggulan di menit 34 bila saja Kiraly tidak melakukan penyelamatan gemilang. Pemain tertua di Piala Eropa itu menepis tendangan bebas De Bruyne sehingga bola cuma membentur mistar gawang.

Dzsudzsak kembali membuat fans Belgia ketar-ketir. Di menit 40,  Dzsudzsak melepaskan tendangan jarak jauh yang melayang tipis di atas mistar gawang Belgia.

Peluang emas kembali didapat Belgia empat menit jelang turun minum. Kali ini giliran peluang Dries Mertens yang digagalkan oleh Kiraly. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Babak kedua berjalan makin seru. Kedua tim sama-sama tampil terbuka sehingga banyak peluang emas yang tercipta.

Baru dua menit babak kedua dimulai, Hazard berpeluang menggandakan keunggulan Belgia. Sayangnya sepakan kaki kiri Hazard masih bisa dihalau oleh Kiraly.

Papan skor nyaris berimbang 1-1 pada menit 65. Beruntung bagi Belgia, Courtois dengan cekatan bisa menghalau tendangan dari  Lovrencsics.

Untuk melakukan penyegaran, Wilmots memasukkan Michiy Batshuayi untuk menggantikan Lukaku. Kepercayaan Wilmots dibayar lunas Batshuayi.

Baru dua menit berada di lapangan, pemain Olympique Marseille berhasil menggandakan skor di menit 78. Batshuayi menuntaskan solo-run dari Hazard.

Satu menit kemudian, Belgia makin menjauh. Lewat serangan balik cepat, Hazard ikut mencatatkan namanya di papan skor. Hazard melakukan aksi individu sebelum diakhiri dengan tendangan keras ke tiang jauh.

Pesta gol Belgia ditutup Yannick Carrasco di menit 90. Kembali Belgia mencetak gol lewat serangan balik. Carrasco dengan dingin meneruskan umpan terobosan dari Radja Nainggolan.

Susunan Pemain

Hungaria: Kiraly; Juhasz (Bode 80'), Guzmics, Kadar, Lang; Dzsudzsak, Lovrencsics, Pinter (Nikolics 75'), Nagy, Gera (Elek 46'); Szalai

Belgia: Courtois; Vermaelen, Meunier, Alderweireld, Vertonghen; Nainggolan, Witsel; De Bruyne, Hazard (Fellaini 81'), Mertens (Carrasco 70'); Lukaku (Batshuayi 76')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini