Sukses

Prediksi Inggris Vs Islandia: Laga Krusial Three Lions

Timnas Inggris juga belum meyakinkan selama tiga laga penyisihan grup lalu.

Liputan6.com, Nice - Timnas Inggris perlu waspada saat menghadapi Islandia di 16 besar Piala Eropa 2016 di Stadion De Nice, Selasa (28/6) dinihari nanti. Pasalnya, Islandia bukan sekadar tim debutan di Prancis.

Salah satu negara Nordik itu menjadi tim paling mengejutkan di turnamen ini. Maklum, tidak ada yang menyangka, Islandia bisa keluar sebagai runner-up Grup F meninggalkan Portugal.

 

Baca Juga

  • Pelatih Argentina Larang Lionel Messi Pensiun
  • Rekor Pertemuan Persela Vs Barito Putra
  • Buntut Kericuhan GBK, Persija 6 Laga Dilarang Jadi Tuan Rumah


Terlebih lagi, penampilan Tim Tiga Singa, julukan Inggris, juga belum meyakinkan selama tiga laga penyisihan grup lalu. Disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat juara, pasukan Wayne Rooney dan kawan-kawan justru lolos ke babak gugur di bawah Wales.

Padahal, di Kualifikasi Piala Eropa 2016 lalu, Inggris menjadi satu-satunya tim yang tampil sempurna dengan 10 kemenangan dari 10 pertandingan.

Hodgson sendiri menyadari, pertandingan nanti tidak saja penting untuk kariernya di The Three Lions, tetapi juga masyarakat dan pecinta sepak bola Inggris. Bukan tidak mungkin, Hodgson meninggalkan jabatannya saat ini sebagai pelatih jika Inggris disingkirkan Islandia.

Hodgson mengakui dirinya tidak terlalu mengenal Islandia dibanding negara Nordik lainnya, seperti Denmark, Norwegia, atau Swedia.

“Tetapi, karakter masyarakat Islandia, tekad, dan kemampuan mereka untuk bertahan hidup dari kesulitan menjadi faktor utama dalam kemajuan mereka. Kami harus menerima status unggulan, dan mereka menjadi underdog, tapi terlepas dari itu, akan menjadi pertandingan sulit dan mereka akan sulit untuk dikalahkan,” ujar Hodgson.

Pelatih 68 tahun itu tidak salah, menganggap laga nanti tidak akan mudah. Sebagai “pemain baru” di Piala Eropa, catatan kebobolan tiga gol Islandia di penyisihan grup tidaklah buruk.

Islandia memang dikenal memiliki pertahanan yang bagus. Di kualifikasi, mereka hanya kemasukan enam gol, lebih baik dari Jerman, Polandia, dan juga Italia.

Kondisi itu tentu akan menjadi ujian bagi lini depan Inggris. Dalam tiga pertandingan, hanya Daniel Sturridge sebagai penyerang murni Inggris yang baru mencetak gol. Sedangkan Harry Kane dan Jamie Vardy masih terus mencari peruntungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Pertama

Pertandingan nanti merupakan pertemuan pertama kedua tim di turnamen utama. Dalam sejarah pertemuan, Inggris menang sekali dan sekali imbang dalam dua laga di persahabatan.

Hanya, Inggris juga perlu berhati-hati dengan Lars Lagerbaeck yang berduet dengan Helmir Hallgrimsson sebagai pelatih Islandia. Karena, dalam enam pertemuan sebagai asisten atau pelatih timnas Swedia, Lagersbaeck tidak pernah sekalipun menelan kekalahan.

Termasuk di dua pertemuan di Piala Dunia 2002 dan 2006. Dalam catatan pertemuan itu, Lagerbaeck sukses membuat frustrasi Inggris. Kejadian serupa bisa saja terjadi di 16 besar nanti saat bersama Islandia apabila Inggris hilang konsentrasi.

“Pengalaman dan kebijaksanaan dari Lagersbaeck dan Roland Andersson (staf pelatih), serta kemampuan mereka mengatur tim memberikan hasil maksimum untuk mereka. Termasuk menimbulkan etos kerja, Islandia berutang banyak untuk itu,” ucap Hodgson.

Lagerbaeck pun merasa tanpa beban untuk menghadapi Inggris, karena timnya yang tidak diunggulkan. Pelatih kelahiran Swedia ini pun berharap, Inggris memiliki motivasi lebih saat menghadapi Islandia. Meskipun menurut Lagerbaeck, hal itu tergantung suhu permainan di lapangan.

Mantan pelatih Nigeria itu tidak memungkiri, jika timnya telah mempersiapkan skema adu penalti. Menurutnya, persiapan itu berlangsung dengan baik.

“Para pemain menatap untuk pertandingan ke depan, dan dalam pertemuan dengan tim kami sudah mulai focus dan lebih focus lagi mengambil langkah lain,” ucap Lagerbaeck.

Prakiraan susunan pemain:

Inggris (4-3- 3)

1 Hart, 2 Walker, 6 Smalling, 5 Cahill, 3 Rose, 17 Dier, 10 Rooney, 20 Alli, 15 Sturridge, 9 Kane, 7 Sterling

Cadangan: 13 Forster, 16 Stones, 12 Clyne, 4 Milner, 8 Lallana, 14 Henderson, 11 Vardy

Islandia (4-4- 2)

1 Halldorsson, 2 Saevarsson, 14 Arnason, 6 Sigurdsson, 23 Skulason, 7 Gudmunsson, 17 Gunnarsson, 10 Sigurdsson, 8 Bjarnason, 15 Bodvarsson, 9 Sigthorsson

Cadangan: 12 Kristinsson, 3 Hauksson, 5 Ingason, 20 Hallfredsson, 16 Sigurjonsson, 11 Finnbogason, 22 Gudjohnsen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini