Sukses

Senjata Persipura Merangsek ke Papan Atas

Boaz dan Pahabol kembali tajam bersama Persipura.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura memang hanya meraih hasil seri 0-0 saat bertandang ke kandang Arema Cronus dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) Presented by IM3 Ooredoo pekan ke-8, Minggu (26/6). Namun, hasil tersebut tetap membanggakan.

Maklum saja, bermain di kandang yang terkenal angker, Boaz Solossa cs bisa meredam agresivitas Singo Edan. Tak hanya itu, hasil seri tersebut juga memperpanjang catatan Mutiara Hitam - julukan Persipura, tak lagi tersentuh kekalahan dalam 5 laga terakhir. Dalam 5 laga tersebut, Persipura meraih 4 kemenangan dan sekali seri.

Baca Juga

  • Terdepak dari Euro 2016, Inggris Jadi Bahan Olok-Olok
  • Rapor Pemain Persib Usai Dipermalukan Gresik United
  • 6 Fakta Kegagalan Inggris di Piala Eropa 2016

Tentu saja ini pencapaian yang luar biasa. Bukan apa-apa, Persipura sebelumnya tampil buruk dalam tiga laga awal. Mereka tak pernah menang dengan meraih dua kali seri dan sekali kalah.

Mirisnya lagi, Persipura yang selama ini dikenal garang di depan gawang lawan, dari tiga laga awal hanya mengoleksi satu gol. Itu pun berasal dari titik putih. Gol tersebut tercipta saat Persipura bermain seri 1-1 kontra tim tamu Persija.



Selanjutnya pada pekan ke-2, bermain di Stadion Mandala, Persipura dibuat mandul oleh Bali United. Skor akhir 0-0. Bahkan, di pekan ke-3, tim asuhan Jafri Sastra itu harus menelan kekalahan pertama di kandang Semen Padang dengan skor 0-2.

Mutiara Hitam meraih kemenangan pertama di TSC pada pekan ke-4 saat melawat ke kandang Persela Lamongan. Gol tunggal Lukas Mandowen memastikan Mutiara Hitam mendekap tiga poin untuk pertama kali di TSC.

Ternyata, kemenangan itu membangkitkan rasa haus akan nilai penuh. Dalam tiga laga berikutnya, Persipura selalu mendulang poin penuh. Boaz cs menang 1-0 atas Perseru Serui, menang 5-4 atas Barito Putera, dan menang 3-1 atas PS TNI.



Rentetan kemenangan terhenti saat ditahan imbang 0-0 oleh Arema. Tapi, 5 laga tanpa kekalahan jelas menjadi catatan menawan setelah melakoni hasil minor dalam tiga laga awal.

Dalam lima laga tanpa kalah tersebut, Persipura mampu mencetak 10 gol, rata-rata dua gol per partai. Padahal, dalam tiga laga awal hanya mengoleksi satu gol. Jelas di sini ada peningkatan dalam ketajaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebangkitan Persipura

Selidik punya selidik, itu menjadi kunci kebangkitan Mutiara Hitam. Seiring dengan meningkatnya ketajaman lini serang, Persipura mudah dalam meraih kemenangan. Memang, hasil positif dalam sebuah kompetisi tergantung dari ketajaman klub bersangkutan.

Setelah hanya mencetak satu gol dalam tiga laga awal, Jafri Sastra memang fokus memoles ketajaman. Boaz yang masih mandul dalam tiga laga tersebut mendapat porsi latihan khusus dalam memanfaatkan peluang. Demikian pula dengan para penyerang lainnya.

Hasilnya langsung terasa pada pekan ke-4 ketika Mandowen mencetak gol kemenangan atas Persela. Selanjutnya, pada pekan ke-6, Mutiara Hitam benar-benar menunjukkan keganasannya di depan gawang lawan. Selain itu, juga menjadi kebangkitan Boaz. Melawan Barito, gawang mereka memang kebobolan 4 gol. Tapi, Mutiara Hitam mampu mencetak 5 gol. Dua gol berasal dari Boaz, dua lainnya dari Ferinando Pahabol, dan satu gol dari Yustinus Pae.



Boaz meneruskan ketajamannya pada pekan ke-7 saat mencetak satu gol ke gawang PS TNI. Menariknya, penghuni lini serang lain juga menunjukkan ketajamannya. Dia adalah Ricky Kayame. Penyerang muda tersebut mengemas 2 gol ke gawang PS TNI.

Total, sudah 11 gol yang dikoleksi Mutiara Hitam di TSC 2016. Sebanyak 9 gol dilesakkan oleh barisan penyerang. Padahal, dalam tiga laga awal, hanya satu gol yang dicetak meski oleh penyerang James Koko Lomell.

Usaha tim dalam memoles ketajaman lini depan membuahkan hasil maksimal. Hanya dengan mencetak gol, tim bisa mendulang kemenangan.

3 pekan awal
Gol: 1
Pencetak gol
Penyerang: James Koko Lomell (1)

5 pekan berikutnya
Gol: 10
Pencetak gol
Penyerang: Boaz Solossa (3), Ferinando Pahabol (2), Ricky Kayame (2), Lukas Mandowen (1)
Bek: Bio Paulin (1), Tinus Pae (1)

Penulis: I. Eka Setiawan


**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini