Sukses

Federasi Spanyol Siapkan Pengganti Del Bosque

Vicente del Bosque diperkirakan bakal pensiun setelah Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Pelatih Spanyol Vicente del Bosque akan segera mengumumkan rencana pensiunnya. Keputusan tersebut diambil setelah La Furia Roja pulang lebih cepat dari Piala Eropa 2016 usai kalah0-2 dari Italia pada laga perdelapan final, Senin malam (27/6/2016).

Media lokal AS, Selasa (28/6/2016), melaporkan jika Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Angel Maria Villar sudah menyiapkan nama Joaquin Caparros sebagai suksesor Del Bosque. Caparros telah bebas tugas sejak 2015 lalu usai gagal mengangkat Granada dari dasar klasemen La Liga.

Baca Juga

  • 7 Fakta Menarik Jelang Duel Inggris Vs Islandia
  • Fenomena Islandia, Pengusaha Hotel Turut Main Lawan Inggris
  • Inggris Tersingkir, Joe Hart Jadi Bulan-bulanan Netizen

Meski Del Bosque pensiun, posisi pelatih timnas akan dibiarkan kosong terlebih dahulu sampai berakhirnya Piala Eropa. Villar sebetulnya telah menahan pria 65 tahun tersebut agar tetap bersama Alvaro Morata dan kawan-kawan. Tapi, kegagalan Spanyol di fase knock-out dianggap sang pelatih sebagai akhir dari siklus kejayaan mereka hingga diperlukan seorang arsitek baru.

"Setiap kekalahan seperti ini menyakitkan, tentu. Selama delapan tahun terakhir kami sudah begitu kuat, dan hari ini merupakan harinya Italia. Kami mencoba bermain duel udara, mengerumuni mereka, strategi-strategi itu semua tidak berhasil," kata Del Bosque dalam jumpa pers usai pertandingan.

Seperti dilansir Football-espana, dalam beberapa bulan terakhir Caparros telah menolak tawaran dari Real Betis dan Valencia. Terakhir ia menolak tawaran dari tim promosi Deportivo Alaves. Pejabat RFEF lainnya diharapkan setuju dengan calon pelatih rekomendasi Villar. Pasalnya, dia akan maju sebagai Presiden UEFA.

Sejak Oktober 2015, Villar disibukkan sebagai pelaksana tugas presiden menggantikan Michel Platini. Kalau presiden RFEF juga belum diangkat sampai November, federasi akan berupaya lagi untuk meyakinkan Del Bosque memimpin empat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa.

"Selama beberapa hari ke depan saya akan berbicara dengan Federasi, tapi saya belum membuat keputusan apa pun," ujarnya.

Del Bosque telah menolak sejumlah tawaran dari Liga Premier Inggris, Bundesliga dan Ligue 1 Prancis. Bila pensiun, dia akan segera mendapatkan penghargaan dari RFEF, pemerintah Spanyol dan Raja Felipe VI dan ayahnya Yang Mulia Juan Carlos. Pada 2011 lalu, Del Bosque mendapat gelar bangsawan dari Juan Carlos sebagai Marquesado de Del Bosque atau Marquis of Del Bosque.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.