Sukses

Fakta Menarik Perempat Final Piala Eropa 2016

Tiap pertandingan perempat final menyimpan fakta menarik masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa 2016 sudah memasuki babak perempat final. Delapan tim akan bersaing memperebutkan empat tiket menuju semifinal.

Portugal akan menghadapi Polandia, Jumat (1/7/2016) dinihari di Stade Velodrome, Marseille. Setelah itu, giliran Wales yang menantang tim kuat Belgia di Sabtu (2/7/2016) dinihari di Stade Pierre Mauroy, Lille.

Sementara itu, Stade de Bordeaux akan menjadi tempat duel akbar Italia Vs Jerman, Minggu (3/7/2016) dinihari. Ini adalah partai ulangan semifinal Piala Eropa 2012, saat Italia mengalahkan Jerman 2-1.

Di sisi lain, tim tuan rumah, Prancis akan meladeni tim kejutan Islandia di Stade de France, Saint Denis, Senin (4/7/2016). Islandia lolos ke perempat final setelah mengandaskan calon juara Inggris 2-1.

Untuk semifinal, pemenang dari partai Polandia Vs Portugal akan bertemu pemenang partai Wales Vs Belgia. Sementara pemenang di pertandingan Jerman Vs Italia bakal menghadapi tim yang menang di partai Prancis Vs Islandia.

Berikut beberapa fakta menarik partai perempat final Piala Eropa 2016.

1. Polandia Vs Portugal

-Kedua tim telah bertemu 10 kali. Portugal berhasil memenangkan empat sementara Polandia cuma memenangkan tiga pertandingan.

-Ini adalah pertemuan ketiga antara kedua tim dalam turnamen resmi. Dua pertemuan sebelumnya terjadi di Piala Dunia 1986 dan 2002.

Polandia Vs Portugal

2. Wales Vs Belgia

-Belgia telah memenangkan lima dari 12 kali pertemuan dengan Wales. Sementara, Wales hanya berhasil menang di empat kesempatan, sedangkan tiga laga sisa berakhir imbang.

-Belgia dan Wales pernah berada dalam satu grup di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Di Brussels, Wales berhasil menahan imbang Belgia. Sementara saat bermain di Cardiff, Wales menang 1-0 berkat gol Gareth Bale.

Wales Vs Belgia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jerman Vs Italia, Prancis Vs Islandia

3. Jerman Vs Italia

-Jerman tidak pernah berhasil mengalahkan Italia dalam delapan pertemuan terakhir di turnamen resmi.

-Dua kekalahan Jerman atas Italia di antaranya terjadi di semifinal Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2012. Di semifinal Piala Dunia 2006, Jerman yang kala itu berstatus sebagai tuan rumah kalah 0-2. Sementara di semifinal Piala Eropa, Italia menang 2-1.

4. Prancis Vs Islandia

-Ini adalah pertemuan pertama bagi kedua tim di perempat final Piala Eropa. Maklum, bagi Islandia, ini adalah kali pertama mereka lolos ke perempat final Piala Eropa.

-Prancis tak terkalahkan dalam 11 partai sebelumnya melawan Islandia. Rinciannya, Le Bleus menang delapan kali dan imbang tiga kali. Mereka pun berhasil menyarangkan 30 gol dan hanya kebobolan delapan.

Prancis Vs Islandia

Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.