Sukses

FIFA Tetapkan Hinca Jadi Ketum Sementara PSSI

Surat FIFA juga menyebut KLB PSS paling lambat berlangsung pada 31 Oktober 2016.

Liputan6.com, Jakarta - FIFA resmi mengirimkan surat kepada PSSI pada Jumat (24/6/2016) setelah sebelumnya melakukan pertemuan pada 20-21 Juni 2016. Surat tersebut tak lain terkait Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, yang harus digelar tidak lebih dari 31 Oktober 2016.

Surat FIFA tersebut juga menyatakan pada 3 Agustus 2016, lokasi KLB akan ditentukan. Namun, penentuan tempat kongres ditentukan setalah Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat dalam waktu dekat.

Baca Juga

  • Infografis Pencetak Gol Terbanyak Euro 2016: Griezmann atau Bale
  • Messi Dibuatkan Patung di Buenos Aires
  • Kejutan, Lorenzo Bakal Tunjuk Musuh Rossi Jadi Pelatih


"Kemungkinan besar pelaksanaan akan dilakukan di Jakarta. Tapi, masih menunggu keputusan exco untuk memastikan tatib (tata tertib) organisasi dijalankan dengan baik," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Kami harapkan kerjasama semua pihak untuk menjalankan mekanisme organisasi yang sesuai Statuta dan Kode Pemilihan," papar Azwan. 

Selain itu, dalam surat FIFA sendiri mengonfirmasi bahwa Hinca Pandjaitan sebagai Ketua Umum PSSI sementara hingga kongres pemilihan berlangsung. Lalu, pemilihan anggota Komite Pemilihan akan diketuai Agum Gumelar. 

Berikut isi surat FIFA kepada PSSI terkait penyelenggaraan KLB:

1. Konfirmasi status Acting President PSSI; Dr Hinca Pandjaitan hingga pelaksanaan kongres pemilihan.

2. Keputusan pemilihan exco secara keseluruhan atau tiga posisi yang kosong saja.

3. Keputusan tanggal kongres pemilihan (tidak boleh lebih dari 31 Oktober 2016).

4. Amandemen Kode Pemilihan PSSI.

5. Pemilihan anggota Komite Pemilihan yang akan diketuai Agum Gumelar.

6. Pemilihan anggota Komite Banding Pemilihan yang diketuai oleh Erick Thohir.

Selain itu, voter yang akan memiliki hak memilih dalam KLB PSSI mendatang yakni voter yang sama pada KLB 18 April 2015 di Surabaya, Jawa Timur.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional
    FIFA merupakan badan pengendali sepak bola internasional

    FIFA

  • KLB adalah Kongres Luar Biasa yang dapat digelar jika mendapat pengajuan permintaan dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI atau dari 2/3 anggota.
    KLB adalah Kongres Luar Biasa yang dapat digelar jika mendapat pengajuan permintaan dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI atau dari 2/3 anggota.

    KLB PSSI

  • PSSI