Sukses

Tiket Bekas Pun Masih Diburu

Tiket bekas itu memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dipasarkan kembali lewat situs jual-beli online.

Liputan6.com, Paris - Terkadang berdagang adalah urusan kecerdikan. Apalagi, kalau bisa mendapatkan untung dari modal yang tidak terlalu besar, atau bahkan gratis. Setidaknya cara tersebut terlihat dari aktivitas para pengumpul tiket-tiket bekas pertandingan Piala Eropa 2016 di Prancis.

"I collect used ticket. Thank you." Begitulah tulisan dalam secarik kertas yang dipegang salah satu pengumpul tiket bekas di Parc des Princes. Dengan hanya cukup berdiri di antara kerumunan para suporter, pria tersebut ternyata sedang berupaya mencari untung lewat cara sederhana.

Meski tidak setiap suporter memberikan tiketnya secara cuma-cuma, sang pengumpul tiket bekas itu cukup sabar menunggu. Sesekali, pria tersebut berteriak untuk memberitahu suporter bahwa dirinya akan senang hati mendapatkan tiket, meski sudah tidak berlaku lagi.

"Saya memiliki teman yang mengoleksi tiket-tiket pertandingan Piala Eropa atau Piala Dunia. Nanti tiket ini untuk dirinya," ungkap salah satu pengumpul tiket bekas kepada wartawan Bola.com, Ary Wibowo dan Vitalis Yogi Trisna, dari Paris, Prancis.

Akan tetapi, setelah mencoba menanyakan beberapa hal, pria bernama Albert tersebut mengaku, tiket bekas tidak hanya diberikan kepada rekannya, tetapi juga untuk dikoleksi karena memiliki harga jual yang cukup tinggi jika dipasarkan kembali lewat situs jual-beli online.

"Biasanya kami menjual kepada kolektor tiket. Semakin besar pertandingan, bakal semakin tinggi pula harga jualnya," ia melanjutkan pembicaraan.

Penasaran dengan aktivitas berdagang Albert, saya kemudian mencari harga tiket bekas di eBay. Benar saja, banyak tiket-tiket bekas di jual dengan harga berkisar 5 hingga 10 euro per tiket. Bahkan, ada pula yang mencapai 19 euro untuk laga antara Kroasia versus Portugal.

Tidak hanya tiket pertandingan saja, berbagai kartu pengenal pun dijual untuk para kolektor berbagai benda yang berhubungan dengan Piala Eropa 2016. Tanda pengenal khusus penonton kelas VVIP atau VIP itu pun dijual cukup tinggi karena harga satuannya sebesar 30 euro.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.