Sukses

Preview Perempat Final Piala Eropa 2016

Polandia versus Portugal, Wales kontra Belgia, Jerman lawan Italia, dan Prancis berhadapan dengan Islandia.

Liputan6.com, Paris - Delapan tim telah memastikan diri melangkah ke babak perempat final Piala Eropa 2016. Mereka akan berjuang demi bisa melaju ke semifinal turnamen sepak bola antarnegara Eropa tersebut.

Juara bertahan Spanyol sudah angkat koper, sementara Inggris dipermalukan negara kecil seperti Islandia. Sejumlah kejutan lain bukan tidak mungkin terjadi di babak perempat final Piala Eropa 2016.

Baca Juga

  • Infografis Euro 2016 dalam Angka
  • 4 Bomber Haus Gol Ini Masuk Radar Arsenal
  • Misi Sean Gelael Raih Poin di GP2 Austria

Polandia mesti berhadapan dengan Portugal, sedangkan Wales harus saling mengalahkan dengan Belgia demi tiket empat besar. Lalu, Italia akan menantang Jerman, yang berstatus juara Piala Dunia 2014, dan Prancis kontra kuda hitam paling mengejutkan, Islandia.

Permainan seru dan menarik diprediksi bakal tersaji dari empat pertandingan perempat final kali ini. Siapa yang bakal menang sekaligus memastikan tiket semifinal Piala Eropa 2016 masih menjadi tanda tanya besar. Berikut preview perempat final Piala Eropa 2016 seperti dilansir dari Eurosport.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Polandia Vs Portugal

Polandia Vs Portugal

Laga perempat final pertama antara Polandia kontra Portugal bakal berlangsung pada Jumat (1/7/2016) dinihari WIB. Pertandingan Polandia melawan Portugal digelar di Stade Velodrome, Marseille.

Polandia lolos babak ke 16 besar dengan status runner up Grup C tanpa sekalipun kebobolan plus menahan imbang Jerman. Di babak 16 besar, Polandia menang atas Swiss melalui drama dua penalti. Lini belakang yang tangguh akan jadi senjata tim berjuluk ‎Biało-czerwoni untuk meredam Portugal.

Portugal lolos ke 16 besar dengan kurang meyakinkan dari Grup F. Tidak sekali pun Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memetik kemenangan dari tiga laga di Grup F, semuanya berakhir imbang. Di babak 16 besar, Portugal menang atas Kroasia berkat gol Ricardo Quaresma di babak tambahan. Kecepatan jadi senjata Selecao menaklukkan Polandia.

Soal rekor pertemuan, Portugal hanya unggul sedikit dari Polandia. Dari 10 pertemuan sebelumnya, Portugal menang empat kali, Polandia tiga kali, dan sisanya imbang. Dua pertemuan di antaranya terjadi di edisi Piala Dunia berbeda, Polandia menang saat 1986 dan Portugal pada 2002.

3 dari 5 halaman

Wales vs Belgia

Wales Vs Belgia

Pertemuan Wales dan Belgia berlangsung pada Sabtu (2/7/2016) dinihari WIB di Stade Pierre Mauroy, Lille. Nama Gareth Bale di skuat Wales dan Eden Hazard di kubu Belgia akan menjadi pusat perhatian pada laga nanti.

Wales melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 dengan status juara Grup B, meski sempat dikalahkan Inggris. Namun kemenangan Wales atas Irlandia Utara di babak 16 besar kurang meyakinkan, Belgia jadi ujian sesungguhnya bagi tim berjuluk The Dragons ini.

Belgia memulai Piala Eropa 2016 dengan hasil buruk usai dipermalukan Italia. Namun Romelu Lukaku dan kawan-kawan mampu lolos dengan status runner up Grup D. Kemenangan mencolok Belgia atas Hungaria menjadi modal penting sebelum berhadapan dengan Wales.

Dari 12 pertemuan antara Belgia dengan Wales, lima di antaranya dimenangi oleh tim berjuluk Rode Duivels. Sementara Wales pernah empat kali mengalahkan Belgia, dan tiga laga lainnya berakhir tanpa pemenang alias seri.

4 dari 5 halaman

Jerman vs Italia

Jerman vs Italia

Pertandingan Jerman kontra Italia berlangsung pada Minggu (3/7/2016) dinihari WIB di Stade de Bordeaux. Partai ini bakal menjadi laga perempat final yang paling menyita perhatian pencinta sepak bola dunia, mengingat keduanya berstatus tim besar.

Jerman tidak kebobolan selama fase grup Piala Eropa 2016, dan menang meyakinkan atas Slovakia di babak 16 besar. Progres tim asuhan Joachim Loew ini perlahan terlihat semakin impresif, Italia akan menjadi lawan sepadan bagi Der Panzer.

Italia terlihat tak tersentuh pada dua laga perdana Grup E, sebelum mereka kalah dari Republik Irlandia. Kekalahan itu menguatkan fakta para pemain pelapis Gli Azzurri tidak selevel dengan tim inti. Hal ini bisa menjadi kelemahan kala berhadapan dengan Jerman.

Sebuah catatan menarik dari pertemuan Jerman dengan Italia di turnamen besar adalah Der Panzer tak pernah bisa mengalahkan Gli Azzurri. Namun secara keseluruhan pertemuan kedua tim, Jerman menang 15 kali, sedangkan Italia hanya delapan kali menang, dan 10 laga berakhir imbang.

5 dari 5 halaman

Prancis vs Islandia

Prancis Vs Islandia

Pertandingan Prancis kontra Islandia berlangsung pada Senin (4/7/2016) dinihari WIB di Stade de France, Paris. Tuan rumah jelas amat diunggulkan kala menantang tim paling mengejutkan di Piala Eropa 2016.

Prancis memiliki dua sosok pemain pembeda, yakni Antoine Griezmann dan Dimitri Payet. Keduanya kerap muncul sebagai penyelamat kala dibutuhkan Les Bleus. Barisan belakang Prancis juga bagai benteng tangguh yang sulit ditembus. Dukungan publik Prancis menjadi kekuatan tambahan lain bagi tim asuhan Didier Deschamps.

Islandia telah melewati ekspektasi banyak orang dengan lolos ke babak perempat final, terlebih di 16 besar mereka menaklukkan Inggris. Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan diprediksi bermain tanpa beban saat menghadapi Prancis. Gaya sepak bola pragmatis paling brilian ditunjukkan selama mereka tampil di Piala Eropa 2016.

Dalam rekor pertemuan, Prancis tidak pernah kalah sekali pun kalah dari Islandia. Les Bleus menang delapan kali dari 11 pertemuan mereka dengan tim berjuluk Our Boys, dan tiga pertemuan lain berakhir imbang. Pertemuan terakhir terjadi pada 2012 dalam laga persahabatan yang berakhir dengan kemenangan Prancis 3-2.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.