Sukses

KOLOM: (Mungkin) Ini Doa Paling Manjur di Euro 2016

Semua bakal berjalan lebih mudah jika doa di atas tidak hanya diucapkan, tapi menjadi spirit mendasar dalam hati.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu kutipan doa yang sering saya temukan menjadi quote bijak atau masuk menjadi bagian dialog film-film box office. Kutipan universal yang ternyata sangat dalam artinya…

…grant me the serenity to accept the things I cannot change; courage to change the things I can; and wisdom to know the difference…

Bagi pemain bintang, berharap tetap bersinar di turnamen besar adalah wajar – dan bahkan kewajiban. Namun, bagaimana dengan pemain lain yang kadang statusnya hanya pelengkap? Menerima begitu saja, berjuang keluar dari bayang-bayang bintang yang sebenarnya, atau mencari pembuktian yang pas?

Di akhir 2014, karier Gabor Kiraly seakan tamat saat kebobolan 13 gol dalam 3 partai di Fulham. Terpaksa pulang kampung ke Szombathelyi Haladás. Tidak spektakuler, tapi cukup untuk mempertahankan posisi kiper utama Nemzeti Tizenegy, julukan timnas Hungaria. Siapa nyana Kiraly justru meroket di Prancis?

Menang 2-0 atas Austria, mengimbangi Islandia 1-1 dan Portugal 3-3 dengan sejumlah spectacular saves dan satu-satunya kiper yang tampil dengan celana panjang. Juga memecahkan rekor pemain tertua milik Lothar Mattheaus. Meski akhirnya harus pulang usai kebobolan 4 gol dari Belgia di babak 16 besar, Kiraly menunjukkan bahwa kerja keras bisa mengubah kariEr yang di luar dugaan banyak orang.

Sinar memudar juga dialami Nani. Pergi dari Manchester United dengan catatan tak mencetak 1 gol pun dalam 25 pertandingan terakhirnya, sang bintang menjalani musim yang biasa-biasa saja di Sporting Lisbon dan Fenerbahce. Namanya tak banyak diperbincangkan jelang laga akbar Eropa.

Tiba-tiba golnya menyelamatkan nama besar Portugal saat nyaris kalah dari Islandia dan Hungaria. Penampilan gemilang yang dinilai punya kontribusi maksimal saat Cristiano Ronaldo terlambat panas. Kini nama Nani kembali diandalkan untuk menjungkalkan Polandia di perempatfinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Penting

Predikat pemain andalan juga disematkan pada Emanuele Giaccherini yang menjadi bagian penting dari episode Italy Reborn. Membuka penampilan dengan gol cantik ke gawang salah satu lawan terberat, Belgia; lantas memberi assist gemilang kepada Giorgio Chiellini saat menekuk Spanyol, 2-0.

Musim lalu, dia dilabeli pembelian terburuk Sunderland – hanya bermain 8 kali dan tak pernah menang; yang berujung pada peminjaman ke Bologna. Meski kembali mencetak 7 gol untuk I Rossoblu sepanjang musim, kebangkitannya baru benar-benar diakui di Gli Azzurri. Apalagi jika kembali cemerlang dan memperpanjang derita Jerman yang selalu kalah dari Italia di turnamen resmi di babak 8 besar.

Dua nama lain yang berpeluang membuat perbedaan adalah Jakub Blaszczykowski dan Kolbeinn Sigthorsson. Jakub menjadi pengganti ideal top scorer Robert Lewandowski dengan gol kemenangan ke gawang Ukraina serta dua gol ke gawang Swiss, meski 1 di antaranya di babak adu penalti. Dipinjamkan ke Fiorentina karena gagal di Borrusia Dortmund, kini Jakub tinggal menunggu pinangan klub elite.

Sigthorsson menjadi bagian kisah Cinderella Islandia. Tampil menawan di 4 pertandingan, pemain yang hanya mencetak 3 gol dalam 26 partai bersama Nantes ini mencetak gol kemenangan atas Inggris! Kini, harapan besar diembankan padanya untuk kembali mencetak sensasi melawan tuan rumah Perancis.

Mampukah?

Nothing impossible. Semua bakal berjalan lebih mudah jika doa di atas tidak hanya diucapkan, tapi menjadi spirit mendasar dalam hati… dalam bahasa kita yang lebih sederhana, bersikap pasrah dan legowo tanpa kehilangan semangat terus memperbaiki diri untuk membuat perbedaan…

[@angrydebritto | 30/06/16 | the end of the long period…]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini