Sukses

6 Fakta Menarik Wales Vs Belgia

Pemenang dari laga ini akan menghadapi Portugal.

Liputan6.com, Villeneuve d'Ascq - Pertandingan seru bakal tersaji di babak perempatfinal Piala Eropa 2016 antara tim kuda hitam Wales melawan Belgia, Sabtu (2/7/2016) dinihari WIB. Pemenang dari laga ini akan ditantang oleh Portugal yang telah lebih dulu memastikan tiket semifinal usai mengalahkan Polandia.

Wales secara mengejutkan lolos ke fase 16 besar sebagai juara Grup B. Tak sampai di situ, Gareth Bale dan kawan-kawan melanggeng mulus ke perempat final usai menekuk Irlandia Utara 1-0 lewat gol bunuh diri pemain lawan.

Baca Juga

  • Karakter, Kunci Portugal Menangi Adu Penalti atas Polandia
  • Kolom: Messi, Inggris dan Ekspektasi Tinggi
  • Milan Resmi Tunjuk Montella sebagai Pelatih Baru

Berbeda dengan Belgia. Peringkat dua ranking FIFA tersebut meraih tiket ke babak knock-out dengan menjadi runner-up Grup E. Namun, anak-anak asuhan Marc Wilmots mencatatkan kemenangan terbesar dalam turnamen tahun ini, kala melumat Hungaria 4-0.

Jelang bentrokan Wales versus Belgia, beberapa fakta dan data tercatat bahwa di atas kertas kekuatan mereka cukup berimbang.

Liputan6.com telah merangkum enam fakta menarik calon penantang Portugal ini di babak semifinal. Berikut ulasannya:

1. Belgia telah memenangi lima dari 12 pertemuan kedua tim sebelumnya. Sedangkan Wales telah empat kali menang dan tiga kali imbang.

2. Belgia dua kali gagal menjebol gawang Wales di babak kualifikasi Euro. Mereka harus puas dengan skor 0-0 di Brussels dan kalah 0-1 di Cardiff lewat gol Gareth Bale.

3. Ini pertama kalinya mereka bertemu di putaran final sebuah turnamen besar.

4. Wales belum pernah melaju ke semifinal di turnamen besar sebelumnya. Penampilan terbaik Para Naga (julukan tim) adalah perempatfinal Piala Dunia 1958. Saat itu mereka kalah 0-1 dari Brasil.

5. Penampilan terakhir Belgia di semifinal Piala Dunia terjadi pada 1986. Saat itu mereka finis di posisi keempat.

6. Wales kebobolan tiga gol di Piala Eropa di atas menit 56 dan gol dicetak oleh pemain pengganti.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.