Sukses

Spanyol Superior di MotoGP, Rossi Desak Rider Italia Belajar

Empat musim terakhir juara MotoGP adalah pembalap Spanyol.

Liputan6.com, Assen - Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan MotoGP didominasi para pembalap Spanyol. Valentino Rossi pun mendesak agar para pembalap muda Italia yang semakin terkikis dari MotoGP untuk banyak belajar.

Spanyol memang menjadi negara yang mengirimkan wakil paling banyak di MotoGP. Pada MotoGP 2016 saja ada sembilan pembalap Spanyol yang ikut berkompetisi. Mulai dari Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Maverick Vinales, Pol Espargaro, Hector Barbera, Aleix Espargaro, Alvaro Bautista, dan Esteve Rabat.

Ironisnya, para pembalap Spanyol juga selalu mendominasi persaingan dalam perburuan gelar juara dunia. Buktinya, hanya Casey Stoner yang sukses menembus dominasi Spanyol dalam daftar juara dunia MotoGP di enam tahun terakhir.

Sukses Stoner direngkuh pada musim 2011. Sisanya, musim 2010 dan 2012-2015 sukses dikuasai para pembalap Spanyol. Berbeda dengan para pembalap Italia yang jumlahnya semakin minim.

Di musim ini, Italia hanya bisa mengirimkan lima pembalap. Selain Rossi, empat pembalap lain adalah Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Michele Pirro. Rossi pun angkat bicara mengenai hal itu.

"Spanyol memang begitu dominan di semua kelas balap. Di MotoGP 2016, enam dari tujuh pembalap terdepan berasal dari Spanyol. Ini sangat bagus bagi mereka. Artinya, cara Spanyol mempromosikan pembalap muda sudah tepat," tutur Rossi, pembalap Movistar Yamaha, seperti dikutip Speedweek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Tertinggal

Melihat daftar juara, terakhir kali pembalap Italia menjadi penguasa MotoGP adalah musim 2009. Itu saat Rossi berkibar bersama Yamaha. Sebelum Rossi, pembalap Italia yang mampu menjadi juara premier class adalah Franco Uncini pada 1982.

Di kelas Moto2 musim ini, jumlah pembalap Spanyol juga menjadi yang terbanyak. Total, ada 10 pembalap Spanyol yang sudah beraksi di Moto2 2016. Sedangkan pembalap Italia hanya berjumlah tujuh.

"Bagi Italia, jelas itu menjadi pekerjaan rumah untuk meruntuhkan domninasi Spanyol. Saya pikir para pembalap muda Italia akan butuh waktu sebelum beraksi dan bersinar di MotoGP. Namun, tak ada yang tak mungkin. Saya yakin mereka bisa," kata Rossi.

Saat ini pun Rossi tengah berada di tengah-tengah persaingan pembalap Spanyol dalam perburuan gelar juara dunia. Ia duduk di urutan ketiga klasemen pembalap dengan selisih 22 poin dari Lorenzo dan 42 poin dari Marquez.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.