Sukses

Kandidat Pemain Terbaik Euro 2016: Payet Memimpin

Dimitri Payet menempati posisi teratas dalam daftar yang dilansir UEFA, setelah itu ada Ronaldo, Bale, Griezmann, dan Ozil.

Liputan6.com, Paris - Piala Eropa 2016 memang baru memasuki babak semifinal. Namun, bursa prediksi Pemain Terbaik Piala Eropa 2016 sudah ramai diperbincangkan. Maklum, ini adalah ajang yang memperlihatkan talenta-talenta terbaik di Eropa.

Selain tim juara, hal yang dinanti-nanti dari perhelatan Piala Eropa adalah soal pemilihan Pemain Terbaik. Maklum, biasanya pemain yang menyabet status Pemain Terbaik akan memiliki nilai jual yang melonjak. Tentu, kandidat pemain terbaik akan datang dari dua tim finalis.

Namun, tak berlebihan jika prediksi Pemain Terbaik Piala Eropa 2016 dilakukan sejak sebelum laga semifinal. Artinya, ada empat tim yang berpotensi menjadikan pemainnya sebagai Pemain Terbaik. Mereka adalah Portugal, Wales, Jerman, dan Prancis.

Liputan6.com pun coba merangkum lima pemain yang dianggap layak masuk dalam daftar kandidat. Berikut adalah daftar pemainnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cristiano Ronaldo

1. Cristiano Ronaldo

Penampilan Ronaldo di Piala Eropa 2016 memang jauh dari ekspektasi banyak pihak. Pasalnya, ia gagal membawa Portugal tampil menawan. Sukses Portugal lolos ke semifinal tak lepas dari faktor keberuntungan.

Meski begitu, ia tetap layak masuk daftar sebagai kandidat Pemain Terbaik. Apalagi, pemain Real Madrid itu juga sudah mengoleksi dua gol. Itu saat Portugal ditahan Hongaria 3-3 di laga pamungkas Grup F.

Kesempatan Ronaldo menjadi Pemain Terbaik Piala Eropa 2016 akan semakin terbuka jika ia mampu membawa Portugal melewati hadangan Wales dalam semifinal di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7/2016).

Jika mampu membawa Portugal berjaya, secara otomatis Ronaldo akan menjadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2016. Pasalnya, ia juga sudah mengukir sukses bersama Madrid dengan menjuarai Liga Champions 2015/2016.

3 dari 6 halaman

2. Gareth Bale

2. Gareth Bale

Bicara Wales, orang tentu langsung berpikir pada nama Bale. Ya, Wales dan Bale telah menjadi bagian yang tak terpisahkan di Piala Eropa 2016. Sukses Wales mencetak sejarah hebat dalam turnamen di Prancis itu juga tak lepas dari kontribusinya.

Di Piala Eropa 2016, Bale sudah mengoleksi tiga gol. Itu yang membuat Wales sukses melaju ke semifinal meski baru pertama kali tampil di putaran final Piala Eropa.

Di dua laga terakhir, Bale memang tak mampu menciptakan gol atau assist. Namun, tetap saja pergerakannya membuat ruang bagi rekan-rekannya untuk menusuk pertahanan lawan.

Berdasarkan barometer yang dilansir di situs UEFA, Bale pun menempati posisi kedua dalam daftar kandidat peraih gelar Pemain Terbaik. Hal itu mungkin akan terwujud jika Bale mampu membawa The Dragons mendepak Portugal di semifinal.

4 dari 6 halaman

3. Dimitri Payet

3. Dimitri Payet

Karier Payet di level klub memang tak begitu berkilau. Maklum, dia tak pernah mendapat kesempatan untuk memperkuat klub Eropa. Mulai dari Nantes, Saint-Etienne, Lille, Olympique Marseille, hingga West Ham United.

Meski begitu, Payet tampaknya sudah ditakdirkan memiliki karier yang gemilang bersama Prancis di Piala Eropa 2016. Buktinya, Payet hampir selalu menjadi pemain yang menentukan bagi Prancis.

Bahkan, Payet pun sudah dua kali dinobatkan sebagai Man of the Match. Itu saat Prancis menang 2-1 atas Rumania dan 2-0 atas Albania. Total, Payet berkontribusi dengan melesakkan tiga gol dan dua assist.

Dalam daftar kandidat di UEFA, Payet pun menempati posisi teratas. Kini, magis dan kehebatannya kembali dinanti publik Prancis saat melawan Jerman dalam semifinal Piala Eropa 2016 di Stade Velodrome, Jumat (8/7/2016) dinihari WIB.

5 dari 6 halaman

4. Antoine Griezmann

4. Antoine Griezmann

Dalam urutan jumlah kontribusi buat Prancis di Piala Eropa 2016, posisi Griezmann melesat jauh setelah laga melawan Islandia pada perempat final di Stade de France, Senin (4/7/2016) dinihari WIB. Maklum, laga itu menjadi ajang unjuk gigi bagi Griezmann.

Kemenangan 5-2 Les Bleus atas Islandia didapat berkat satu gol dan dua assist Griezmann. Jika ditotal, bomber Atletico Madrid itu sudah mengemas empat gol. Jumlah itu membuatnya ada di urutan teratas daftar Top Scorer Piala Eropa 2016.

Pelatih Didier Deschamps pun sampai terkejut dengan kinerja Griezmann. Ia pun berharap agar Griezmann bisa mempertahankan kinerja terbaiknya saat Prancis menghadapi Jerman pada semifinal di Stade Velodrome, Jumat (8/7/2016) dinihari WIB.

6 dari 6 halaman

5. Mesut Ozil

5. Mesut Ozil

Kontribusi Ozil buat Jerman di Piala Eropa 2016 memang belum terlihat jelas. Pasalnya, hingga kini Ozil baru menceploskan satu gol dan satu assist. Meski begitu, ia tetap dianggap sebagai pemain Jerman yang paling berpotensi memenangi penghargaan Pemain Terbaik.

Sayang, meski mencetak satu gol kala Jerman menghadapi Italia di perempat final, posisi Ozil dalam barometer daftar kandidat Pemain Terbaik Eropa 2016 malah menurun ke urutan keenam. Meski begitu, ia masih memiliki peluang untuk memamerkan aksinya.

Kesempatan itu terbuka saat Jerman menghadapi tantangan tuan rumah Prancis di semifinal. Bagi Ozil pribadi, impiannya adalah membantu Jerman mengawinkan gelar Piala Dunia 2014 dengan Piala Eropa 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.