Sukses

8 Fakta Menarik Jelang Semifinal Piala Eropa 2016

Duel antara Jerman dan Prancis akan memanaskan laga lain semifinal.

Liputan6.com, Jakarta Empat tim akan berjuang untuk mendapatkan tiket final Piala Eropa 2016. Mereka adalah Portugal, Wales, Jerman, dan Prancis. Partai semifinal akan dibuka dengan duel antara Portugal dan Wales.

Sejatinya, tak banyak yang menduga Portugal dan Wales akan mencapai semifinal. Khusus untuk Portugal, penampilan mereka selama berpetualang di Prancis jauh dari kata memuaskan. Bahkan, mereka lolos ke semifinal karena faktor keberuntungan.

Berbeda dengan Wales yang tidak dijagokan karena baru pertama kali tampil di putaran final Piala Eropa. Namun faktanya, kedua tim justru akan bertarung untuk melaju ke final. Duel mereka tersaji di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7/2016) dinihari.

Pada laga lain, semifinal akan mempertemukan dua tim kandidat juara di Stade Velodrome, Jumat (8/7/2016) dinihari. Mereka adalah Jerman dan tuan rumah Prancis. Sebelum menyaksikan dua laga semifinal, ada baiknya menyimak beberapa fakta menarik mengenai semua kontestan.

Berikut fakta-faktanya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Fakta Menarik


1. Enam laga terakhir Portugal di Piala Eropa berakhir imbang dalam 90 menit, lima di antaranya terjadi di Piala Eropa 2016.

2. Saat Portugal bermain 3-3 dengan Hungaria, Cristiano Ronaldo mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam empat edisi Piala Eropa dan pemain pertama yang tampil di 17 laga putaran final Piala Eropa.

3. Ini adalah semifinal pertama bagi sepak bola Wales, baik tim pria maupun wanita.

4. Mereka sudah melampaui prestasi terbaik Wales di Piala Dunia 1958. Saat itu, langkah Wales dihentikan Brasil di perempat final.

5. Jerman tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir. Mereka juga baru kebobolan satu gol di Piala Eropa 2016.

6. Ini adalah partisipasi ke-12 Jerman secara berturut-turut setelah absen di Piala Eropa 1968.

7. Jerman tak terkalahkan di sembilan laga (delapan menang, satu imbang). Sebelumnya, mereka juga sempat mencetak enam kemenangan beruntun sebelum ditahan Swiss 0-0 di fase grup Piala Eropa 2016.

8. Prancis (1984) adalah salah satu dari tiga tuan rumah yang memenangi Piala Eropa. Dua tim lain adalah Spanyol (1964) dan Italia (1968).

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini