Sukses

5 Fakta Menarik Kemenangan Prancis atas Jerman

Prancis menang meyakinkan 2-0 atas Jerman.

Liputan6.com, Jakarta- Tuan rumah Prancis memastikan diri melaju ke final Piala Eropa 2016. Les Bleus lolos usai mengalahkan juara dunia Jerman dua gol tanpa balas di babak semifinal yang digelar Jumat (8/7/2016) dini hari WIB.

Prancis harus berterima kasih kepada penyerang Antoine Griezmann. Penggawa Atletico Madrid itu memborong dua gol kemenangan Prancis ke gawang Jerman.

Di partai final, Prancis sudah ditunggu oleh Portugal yang secara mengejutkan lolos usai mendepak wales. Partai puncak akan dihelat di Stade de France, Minggu (10/7/2016) atau Senin (11/7/2016) dini hari WIB.

Prancis berpeluang mengawinkan gelar. Griezmann saat ini memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2016 dengan koleksi enam gol. Dia unggul tiga gol dari pesaing terdekatnya macam Luis Nani, Cristiano Ronaldo hingga Olivier Giroud.

Sukses Prancis melenggang ke final menghasilkan beberapa fakta menarik. Apa saja? Simak pemaparannya di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta

1. Griezmann sukses mengikuti jejak legenda Prancis Thierry Henry dengan mengoleksi enam gol di putaran final Piala Eropa.

2. Griezmann hanya butuh tiga gol lagi untuk menyamai rekor Michel Platini sebagai top skor paling subur sepanjang sejarah Piala Eropa. Platini mencetak 9 gol di Piala Eropa 1984.

3. Kekalahan dari Prancis ini membuat Jerman takluk empat kali dari enam laga semifinal terakhir di turnamen akbar (2006, 2010, 2012 dan 2016).

4. Prancis memenangi enam laga Piala Eropa terakhir ketika memakai jersey utama berwarna biru. Sayangnya di final, Prancis kemungkinan harus memakai kostum kedua karena berstatus sebagai tim tamu.

5. Prancis selalu menjadi juara jika lolos ke final Piala Eropa. Sebelumnya mereka sukses di tahun 1984 dan 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.