Sukses

Kontrak Diperpanjang Liverpool, Klopp Kehabisan Kata-kata

Kontrak baru membuat Klopp bertahan hingga musim panas 2022.

Liputan6.com, Liverpool - Jurgen Klopp mengakhiri musim 2015/2016 tanpa menyumbangkan trofi buat Liverpool. Meski begitu, manajemen Liverpool tetap sepakat untuk memperpanjang kontrak Klopp hingga 30 Juni 2022.

Klopp datang ke Anfield pada 8 Oktober 2015 menggantikan peran Brendan Rodgers. Rodgers didepak manajemen setelah Liverpool hanya menang sekali dalam sembilan laga beruntun di awal musim 2015/2016.

Kebetulan, status Klopp saat itu memang sedang menganggur setelah mengakhiri petualangannya bersama Borussia Dortmund. Awalnya, ia diikat kontrak berdurasi hingga musim panas 2018. Namun, The Reds tampaknya benar-benar ingin menjalankan proyek jangka panjang bersama Klopp.

Itu mengapa mereka sepakat untuk memperpanjang kontrak Klopp hingga 2022. Diyakini, Klopp akan mendapat upah 7 juta pounds per tahun. Mendapat kepercayaan itu, Klopp mengaku sangat bangga.

Jurgen Klopp bersama dua asistennya setelah mengumumkan perpanjangan kontraknya bersama Liverpoo. (Mirror)

"Sulit mengungkapkannya dalam kata-kata. Saya orang pertama yang mengakui bahwa dengan komitmen besar ini, datang pula tanggung jawab besar. Kami setuju untuk membuat klub menjadi lebih baik. Tujuan akhirnya tentu membuat fans senang dan bangga," kata Klopp seperti dikutip Mirror.

Bersama Klopp, Liverpool menjalani 52 pertandingan. Catatan kemenangan mereka tak begitu mengesankan. Mereka cuma merangkai 23 kemenangan dan 17 hasil imbang. Sisanya, mereka menelan 12 kekalahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal di 2 Final



Sejatinya, mereka sukses menembus dua laga final di musim 2015/2016. Sayang, The Reds malah dipermalukan Sevilla 1-3 dalam final yang digelar di St Jakob-Park. Padahal, sebelumnya mereka sukses menyingkirkan tim-tim top seperti Villarreal, Dortmund, dan Manchester United.

Final lain yang dicicipi Liverpool adalah Piala Liga. Namun lagi-lagi digagalkan Manchester City lewat adu penalti. Di kompetisi lain, tak ada prestasi yang bisa dibanggakan. Langkah The Reds di Piala FA terhenti dihentikan West Ham United di babak keempat. Di Liga Premier Inggris, mereka pun hanya finis di posisi kedelapan.

Karenanya, jadi sebuah kabar yang mengherankan saat Liverpool memutuskan untuk menambah kontrak Klopp. Diyakini, Liverpool tetap percaya dengan kualitas dan pengalaman Klopp. Seperti diketahui, Klopp adalah pelatih yang membangkitkan kejayaan Dortmund selama beberapa tahun terakhir.

Dan, Liverpool ingin menjadikan pelatih berusia 49 tahun itu sebagai pemimpin dalam persaingan tim-tim top Liga Premier Inggris yang kini dihiasi dengan pelatih-pelatih baru. Ya, beberapa tim top akan didampingi pelatih anyar di musim 2016/2017. MU akan dipimpin Jose Mourinho, Pep Guardiola bersama ManCity, dan Antonio Conte bersama Chelsea.

"Untuk melakukan ini, harus dipastikan bahwa kita selalu menempatkan pemain dan pengembangan tim di setiap keputusan besar. Ini adalah tugas saya untuk memimpin hal tersebut," ungkap Klopp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.