Sukses

Fakta Menarik Final Piala Eropa 2016: Portugal Vs Prancis

Piala Eropa 2016 akhirnya telah sampai pada partai puncak.

Liputan6.com, Paris - Piala Eropa 2016 telah sampai pada partai puncak yang mempertemukan tuan rumah Prancis melawan finalis 2004 Portugal. Keduanya bakal berebut gelar juara, Senin dini hari WIB (9/7/2016) di Stade de France, Paris.

Langkah Portugal di turnamen ini pada awalnya kurang meyakinkan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan baru memastikan tiket ke babak 16 besar setelah keluar sebagai tim peringkat tiga terbaik di fase grup. Sebelum mengalahkan Wales 2-0 di semifinal, Seleccao bahkan belum pernah menang di waktu normal 2x45 menit permainan.

Berbeda dengan Prancis. Les Bleus selalu menang di atas satu gol di Piala Eropa kali ini. Dari enam pertandingan, mereka hanya imbang sekali 0-0 saat melawan Swiss di penyisihan grup.

Lebih jauh, beberapa fakta menarik tercipta jelang laga pamungkas Portugal vs Prancis kali ini. Berikut ulasannya.

1. Prancis berangkat ke final Piala Eropa kali ini dengan status tuan rumah dan dua kali juara.

2. Prancis telah memenangi 10 pertemuan terakhir dengan Portugal. Kemenangan terakhir Portugal terjadi dalam laga persahabatan pada 26 April 1975. Saat itu Seleccao menang 2-0.

3. Portugal pernah merasakan kalah sebagai tuan rumah pada Piala Eropa 2004 di partai final dari Yunani.

4. Wasit Mark Clattenburg asal Inggris akan memimpin pertandingan Prancis vs Portugal, dibantu oleh Simon Beck dan Jake Collin sebagai asisten.

5. Pemain Portugal Ricardo Carvalho dan Cristiano Ronaldo bisa menjadi pemain ke-38 dan ke-39 yang tampil di dua final Piala Eropa.

6. Belum ada satu pemain pun yang telah mencetak hat-trick dari 14 final Piala Eropa sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini