Sukses

Prediksi Susunan Pemain Portugal Vs Prancis

Liputan6.com, Paris - Portugal menghadapi tuan rumah Prancis di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7/2016) dinihari WIB pada partai final Piala Eropa 2016. Pertandingan ini dipimpin wasit asal Inggris, Mark Clattenburg.

Dalam pertandingan nanti, pelatih Seleccao (sebutan Portugal), Fernando Santos memainkan formasi 4-4-2. Dia mengandalkan duo mantan bintang Manchester United di lini depan, yakni Cristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Ronaldo dan Nani terbilang ampuh ditempatkan di lini depan Portugal. Keduanya sudah mencetak tiga gol selama gelaran Piala Eropa 2016.

Di lini tengah, Santos mengandalkan pemain muda yang tengah bersinar di Piala Eropa 2016, yakni Renato Sanches. Gelandang Bayern Muenchen ini punya statistik bagus di lini tengah. Dia berhasil menjaga bola di kakinya sebanyak 10 kali dari 19 duel dengan lawan.

Nantinya, gelandang berusia 18 tahun tersebut bakal berduet dengan Joao Moutinho. Dari lima pertandingan di Piala Eropa 2016, pemain AS Monaco itu melepaskan 157 umpan pendek, sembilan umpan sundulan, dan 11 umpan panjang dengan tingkat keberhasilan sebesar 88 persen.

Untuk lini pertahanan, Santos harus memutar otaknya karena kondisi bek Portugal, Pepe masih meragukan. Santos pun hanya bisa mengandalkan Bruno Alves dan Jose Fonte.

1 dari 2 halaman

Formasi Prancis

Sedangkan pelatih Prancis, Didier Deschamps memainkan formasi 4-2-3-1. Dia mengandalkan Olivier Giroud yang sudah mencetak tiga gol di Piala Eropa 2016 sebagai striker tunggal.

Top skorer Piala Eropa 2016 yang sudah mencetak enam gol, Antoine Griezmann bermain sebagai penyerang lubang. Posisi bintang Atletico Madrid itu sejajar dengan Dimitri Payet dan Moussa Sissoko.

Deschamps menempatkan N'golo Kante dan Paul Pogba sebagai gelandang bertahan. Pogba merupakan gelandang bertahan paling kreatif bila dibandingkan dengan Sissoko atau Blaise Matuidi. Pemain Juventus itu sudah menciptakan 11 peluang, sementara Matuidi baru sembilan dan Sissoko membuat lima peluang.

Untuk lini pertahanan, Deschamps bisa mengandalkan Adil Rami yang sudah melakukan 25 clearances dan sembilan Intersep. Rami bakal diduetkan dengan Laurent Koscielny yang membuat 43 clearances, 11 intersep, dan lima blok.

Di posisi penjaga gawang, Hugo Lloris masih menjadi pilihan utama. Dari enam pertandingan, Lloris menciptakan tiga clean sheets dan melakukan delapan penyelamatan.

Berikut prediksi starting XI Portugal vs Prancis: