Sukses

5 Fakta Menarik Portugal di Piala Eropa 2016

Portugal akan berhadapan dengan Prancis di partai puncak Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Portugal resmi menasbihkan diri sebagai salah satu finalis Piala Eropa 2016. Selecao das Aquinas -julukan Portugal- akan berhadapan dengan tuan rumah, Prancis di Stade de France, Saint Denis Minggu (11/7/2016) dinihari nanti WIB.

Dibanding tim-tim lain pada Piala Eropa kali ini, kiprah Portugal boleh jadi salah satu yang menarik. Bagaimana tidak, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan lolos ke partai puncak setelah cuma memetik satu kemenangan di waktu normal.

Itu terjadi ketika Portugal mengalahkan Wales 2-0 di partai semifinal. Dua gol itu lahir masing-masing dari aksi Ronaldo (menit 50') dan Luis Nani (menit 53).

Fakta tersebut sejatinya cuma sekelumit dari sekian hal menarik soal Portugal di Piala Eropa 2016. Melansir berbagai sumber, berikut fakta soal Portugal lainnya di Piala Eropa kali ini.

1. Portugal menjadi tim yang paling banyak melakukan usaha menjebol gawang lawan dengan total 112 kali usaha. Rinciannya, 44 usaha off target, 36 usaha on target, dan 32 usaha yang diblok.

2. Renato Sanches menjadi pemain termuda dalam skuat Portugal di Piala Eropa 2016. Gelandang yang baru saja gabung ke Bayern Muenchen itu  saat ini berusia 18 tahun.

3. Final Piala Eropa 2016 menjadi final Piala Eropa kedua bagi Portugal. Sebelumnya, Portugal lolos ke final saat menjadi tuan rumah Piala Eropa 2004. Di final, mereka dikalahkan Yunani 0-1.

4. Hingga partai final, Portugal telah membuat rata-rata 18,8 tembakan, 5,7 tembakan on target, 10,5 drible, dan 13,7 pelanggaran di tiap laganya.

5. Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain dengan rekor gol terbanyak di Piala Eropa bersama dengan legenda Prancis, Mkichel Platini. Itu setelah Ronaldo menyumbang satu gol di partai semifinal melawan Wales. Total, di Piala Eropa, Ronaldo telah menyumbang 9 gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini