Sukses

Buka Peluang Latih Timnas Inggris, Wenger Tinggalkan Arsenal?

Sudah banyak pemain Inggris yang bakatnya diasah Wenger.

Liputan6.com, London - Arsene Wenger, pelatih Arsenal, menjadi salah satu kandidat penerus Roy Hodgson sebagai pelatih timnas Inggris. Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Wenger tak menutupi kemungkinan menjadi pelatih Wayne Rooney dkk.

FA, PSSI sepak bola Inggris, memang tengah terburu-buru mencari pelatih kepala baru. Mereka berpacu dengan waktu setelah Hodgson memutuskan mundur dari posisinya. Keputusan itu diambil Hodgson setelah The Three Lions didepak Islandia di perdelapan final Piala Eropa 2016.

Maklum, itu adalah rentetan kegagalan Hodgson sejak diangkat sebagai pelatih Inggris sejak 31 Juli 2013. Sebelumnya, dosa pertama Hodgson adalah ketika Inggris tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014.

Setelah Hodgson mundur, beberapa nama muncul dan dilaporkan menjadi kandidat. Sebut saja Guus Hiddink, Jurgen Klinsmann, Laurent Blanc, hingga Claudio Ranieri. Nama Wenger juga tak luput dari daftar kandidat pelatih Inggris. Bahkan, FA mendesak Wenger untuk segera memberikan jawaban terkait tawaran itu.

Arsene Wenger (Reuters/Stefan Wermuth)

Kini, Wenger pun mulai berani bicara mengenai kemungkinan tersebut. Bahkan, Wenger memastikan ia tak akan pernah mengesampingkan kesempatan tersebut. Seperti dilansir The Sun, ia tak menutup kemungkinan tersebut meski ia lebih memilih untuk menghormati kontraknya di Emirates Stadium.

"Bisakan saya menangani Inggris? Kenapa tidak? Saya tak akan pernah mengesampingkan hal itu. Tapi, saya senang dan fokus di klub. Saya masih terikat kontrak satu tahun lagi dengan Arsenal. Saya telah bersama mereka dalam waktu yang lama. Saya selalu menghormati semua kontrak saya dan akan terus melakukannya," tandas Wenger.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asah Bakat Muda

Faktor yang membuat FA tertarik dengan Wenger adalah soal pengalaman dalam menangani pemain-pemain muda Inggris. Maklum, Wenger sudah melatih Arsenal sejak Oktober 1996. Sudah banyak pemain Inggris yang sempat merasakan tangan dingin Wenger di Arsenal.

Mulai dari Jack Wilshere, Ashley Cole, Theo Walcott, hingga Alex Oxlade-Chamberlain. Tentu, FA melihat hal itu sebagai modal bagi Wenger untuk menjadikan Inggris sebagai tim yang disegani di Eropa dan dunia. Terlebih, kontrak Wenger di Arsenal akan berakhir pada musim panas 2017.

Tangan dingin Arsene Wenger membuat Ashley Cole sempat menjadi andalan Inggris selama beberapa tahun. (AFP/Adrian Dennis)

Masalahnya, FA tak bisa menunggu lama sampai Juni 2017. Mereka harus segera menemukan pelatih baru untuk mendampingi Inggris di laga kualifikasi Piala Dunia 2018. Pada 4 September 2016, Inggris akan menghadapi Slovakia di Stadion Antona Malatinskeho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini