Sukses

Eder Bawa Portugal Juara Piala Eropa 2016

Liputan6.com, Paris- Portugal berhasil keluar sebagai juara Piala Eropa 2016 walau Cristiano Ronaldo cedera di babak pertama. Lewat perpanjangan waktu, Portugal mengalahkan tuan rumah Prancis 1-0 berkat gol pemain pengganti Eder.

Dalam laga yang digelar di Stade de France, Senin (11/7/2016), kedua tim sama-sama bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Portugal sudah diperkuat Pepe lagi setelah absen di babak semifinal.

Prancis langsung mengambil inisiatif penyerangan begitu pertandingan dimulai dengan dimotori trio Moussa Sissoko, Antoine Griezmann dan Dimitri Payet. Namun Portugal yang mendapat peluang emas pertama pada menit empat.

Lewat serangan balik cepat, Luis Nani lolos dari jebakan off-side. Sayangnya sepakan pemain anyar Valencia itu masih belum menemui sasaran.

Prancis nyaris membuka keunggulan di menit kesembilan. Sundulan Griezmann susah payah ditepis oleh kiper Portugal Rui Patricio.

Petaka menimpa Portugal di menit 24. Cristiano Ronaldo akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera lutut setelah ditekel Payet di menit sembilan.

Ronaldo terpaksa digantikan oleh Ricardo Quaresma. Mantan kekasih Irina Shayk itu sudah berusaha sekuat tenaga untuk melanjutkan pertandingan. Namun setelah dua kali menjalani perawatan, Ronaldo akhirnya menyerah.

Keluarnya Ronaldo membuat Prancis makin di atas angin. Aksi individu Sissoko di menit 33 hampir membawa Prancis unggul. Akan tetapi Patricio dengan cekatan bisa menepis tembakan Sissoko.

Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Portugal justru bisa menekan Prancis walau tanpa Ronaldo. Namun mereka kesulitan menciptakan peluang. Skor kacamata bertahan sampai jeda.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Keluarnya Ronaldo membangkitkan semangat juang para pemain Portugal. Mereka bisa menguasai jalannya pertandingan di babak kedua.

Walau dominan dalam penguasaan bola, Portugal tak mampu menembus rapatnya pertahanan Prancis yang digalang Samuel Umtiti dan Laurent Koscielny.

Melihat timnya tertekan, pelatih Prancis Didier Deschamps memasukkan Kingsley Coman menggantikan Payet. Masuknya Coman membuat serangan balik Prancis semakin berbahaya.

Sentuhan pertama Coman hampir membuat Prancis memimpin. Sayangnya umpan Coman yang diteruskan Griezmann masih bisa diamankan Patricio. Griezmann kembali membuang peluang emas beberapa menit kemudian. Sundulannya dimulut gawang Portugal melambung meski sudah tanpa kawalan.

Coman kembali menghadirkan petaka di pertahanan Portugal. Tusukan Coman yang diakhiri umpan terobosan nyaris berujung gol bila Patricio tidak cekatan menepis sepakan Giroud.

Peluang emas pertama Portugal di babak kedua tercipta di menit 79. Umpan silang Nani mengarah ke gawang sehingga memaksa Hugo Lloris jatuh bangun menepisnya. Bola rebound disambar Quaresma dengan tendangan salto. Sial bagi Portugal, Lloris masih bisa menangkapnya.

Prancis kembali mendapat peluang di menit 84. Sepakan jarak jauh Sissoko hampir memecah kebuntuan andai Patricio tidak melakukan penyelamatan gemilang.

2 dari 3 halaman

Keberuntungan Jauhi Prancis

Keberuntungan tampaknya sedang menjauhi Prancis. Di menit 92, sepakan mendatar pemain pengganti Andre Pierre Gignac membentur tiang gawang. Bola rebound gagal disambar oleh Griezman. Pertandingan pun harus berlanjut ke extra time.

Berhasil menahan Prancis selama 90 menit tanpa Ronaldo membuat Portugal makin percaya diri di extra time. Pemain pengganti Eder hampir membuka keunggulan di menit 104. Sundulan Eder masih mampu digagalkan Lloris.

Portugal seharusnya bisa unggul di menit 109 andai tendangan bebas Raphael Guerreiro tidak membentur mistar gawang Prancis.

Semenit kemudian, Portugal yang bisa unggul lebih dulu. Eder berhasil menjebol gawang Lloris. Eder melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang tak kuasa ditahan Lloris.

Kegagalan Anthony Martial memanfaatkan peluang di detik akhir membuat usaha Prancis mengejar ketertinggalan tak membuahkan hasil hingga 120 menit berakhir.

Susunan Pemain

Portugal: Rui Patricio; Pepe, Fonte, Cedric, Raphael; Adrien (Moutinho 66'), William, Mario, Renato (Eder 79'); Nani, Ronaldo (Quaresma 24')

Prancis: Lloris; Sagna, Evra, Koscielny, Umtiti; Matuidi, Pogba; Sissoko (Martial 110'), Griezmann, Payet (Coman 58'); Giroud (Gignac 78')

Artikel Selanjutnya
Rashford Pahlawan MU di Markas Celta Vigo
Artikel Selanjutnya
Liga Champions: Ronaldo Hattrick, Madrid Lolos ke Semifinal