Sukses

Jadi Pahlawan Portugal, Eder: Ini Berkat Ronaldo

Liputan6.com, Paris - Eder tampil sebagai pahlawan Portugal saat menaklukkan Prancis 1-0 dalam final Piala Eropa 2016. Bagi Eder, Cristiano Ronaldo juga memiliki peran di balik golnya. Sebelum masuk lapangan, Ronaldo membisikkan Eder bahwa dirinya akan mencetak gol.

Nama Eder mungkin masih asing di telinga pencinta sepak bola dunia. Pasalnya, Eder tak pernah memperkuat tim-tim top Eropa. Karier penyerang bernama lengkap Ederzito Antonio Macedo Lopes itu dimulai bersama klub Portugal, Oliveira Hostpital. Lalu, ia hijrah ke Tourizense sebelum merapat ke Academica pada 2008.

Meski hanya mencetak 18 gol dari 105 laga, Sporting Braga merekrutnya di musim panas 2012. Bersama Braga, ia mencetak 33 gol dari 82 laga. Ia pun sempat berseragam Swansea City pada enam bulan awal musim 2015/2016. Lalu, ia dilempar ke Lille pada musim dingin 2016.

Bersama Lille, Eder kembali menemukan kepercayaan dirinya. Ia membukukan enam gol dari 14 laga. Itu yang membuat pelatih Fernando Santos memasukkan namanya ke dalam skuat Portugal di Piala Eropa 2016. Terbukti, keputusan Santos tak sia-sia.

Meski hanya dimainkan sebagai pengganti di tiga laga dengan total 54 menit bermain, Eder sukses memanfaatkan kesempatan untuk unjuk gigi. Hebatnya, aksi Eder diperlihatkan saat Portugal menemui kebuntuan kala menghadapi tuan rumah Prancis dalam final Piala Eropa 2016 di Stade de Frace, Senin (11/7/2016) dinihari WIB.

"Ronaldo memberitahu bahwa saya akan mencetak gol kemenangan. Ia memberikan saya kepercayaan diri. Namun, gol itu juga hasil dari kerja keras tim. Kami spektakular sepanjang laga," kata Eder, seperti dikutip Goal.
1 dari 2 halaman

Ronaldo Jadi Asisten

Eder sendiri memang baru masuk menggantikan Renato Sanches di menit 79. Tujuan Santos memasukkan Eder adalah untuk menambah daya dobrak Portugal yang tak diperkuat Ronaldo sejak menit 25. Keluar lapangan tak membuat Ronaldo duduk diam di bangku cadangan.

Layaknya asisten pelatih, ia terlihat mendampingi Santos untuk menyuntikkan semangat kepada rekan-rekannya. Tak jarang rekannya mendapat omelan Ronaldo karena dianggap membuang-buang waktu. Saking emosionalnya, Santos sampai sempat mendorong Ronaldo agar tak terlalu dekat dengan lapangan.

Layaknya asisten pelatih Portugal, Cristiano Ronaldo memberikan arahan buat Eder. (Reuters)

Terbukti, arahan yang diberikan Ronaldo menghasilkan hal positif. Portugal sukses memecahkan kebuntuan lewat tendangan keras mendatar Eder di menit 109. Gol kemenangan itu membuat para pemain Prancis tertunduk lesu di akhir pertandingan.

"Ini bagus untuk mengucapkan selamat. Saya tahu kesempatan saya akan datang ketika dipanggil timnas. Santos tahu kualitas saya dan ia mempercayai saya," ungkap Eder.