Sukses

UEFA Umumkan 11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Liputan6.com, JParis - Federasi sepak bola Eropa (UEFA) mengungumkan 11 pemain terbaik yang masuk dalam starting XI Piala Eropa 2016. Menariknya, tidak ada nama bintang Wales, Gareth Bale yang mencetak tiga gol di ajang ini.

UEFA Coaching Ambassador, Sir Alex Ferguson menjelaskan mengenai kriteria pemain yang masuk dalam starting XI Piala Eropa 2016. Pemain fleksibel dan dinamis masuk dalam kriteria para pemilih.

"Kami memilih bek tengah yang dominan, full-back yang mampu bertahan dan menyerang, gelandang yang bisa mengontrol permainan, dinamis, dan fleksibel, serta para penyerang yang punya semua atribut untuk menciptakan peluang maupun gol," kata Ferguson di laman resmi UEFA.

Di posisi penjaga gawang, nama kiper Portugal, Rui Patricio menjadi pilihan terdepan. Dia melakukan tujuh penyelamatan saat Portugal menang 1-0 atas Prancis di partai final Piala Eropa 2016.

Selain Rui Particio, ada tiga pemain Portugal yang masuk dalam 11 pemain terbaik Piala Eropa 2016, yakni Cristiano Ronaldo, Pepe, dan Raphael Guerreiro. Ronaldo mengalahkan rekan setimnya di Real Madrid yang berasal dari Wales, Gareth Bale.

UEFA lebih memilih Ronaldo ketimbang Bale karena pemain berusia 31 tahun tersebut bisa mencetak tiga gol dan tiga assists sepanjang turnamen ini. UEFA malah memilih gelandang Wales, Joe Allen masuk dalam skuat terbaik ini.

Top skorer da pemain terbaik Piala Eropa 2016, Antoine Griezmann juga masuk dalam skuat. Pemain Timnas Prancis itu mencetak enam gol dan menyumnang dua assists. Rekan senegaranya, Dimitri Payet juga menjadi pilihan UEFA.

Berikut Starting XI Piala Eropa 2016 dengan formasi 4-2-3-1:

Artikel Selanjutnya
Buffon Berkesempatan Kalahkan Ronaldo - Messi
Artikel Selanjutnya
3 Pemilik Nomor 10 Paling Sukses di AC Milan