Sukses

Kiper Satu Kaki dari Indonesia Tampil Memukau di HWC 2016

Eman Sulaiman diarak pemai lawan keliling lapangan usai pertandingan Indonesia melawan tim Meksiko.

Liputan6.com, Glasgow - Indonesia boleh saja kalah saat menghadapi Meksiko di ajang Homeless Word Cup (HWC) 2016 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia, Senin (11/7/2016). Namun penampilan menawan kiper tim Merah Putih, Eman Sulaiman, ternyata mampu memikat hati penonton, termasuk para pemain tim lawan.

Bertarung di George Square pada penyisihan Grup G, Indonesia kalah 2-5 dari juara bertahan. Namun perjuangan Indonesia belum usai karena menyisakan dua laga lagi, yakni melawan Kamboja dan Argentina. 

Meski Indonesia kalah, Eman malah jadi bintang lapangan. Kegigihan Eman menghalau setiap serangan lawan membuat penonton terpukau. Bahkan, para pemain lawan ikut mengelu-elukan Eman. Mereka takjub melihat penampilan Eman di bawah mistar gawang dengan kedua kaki yang tidak sempurna. 

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, disebutkan Eman sehari-hari berjalan dengan menggunakan kursi roda. Saat bermain ia terpaksa memakai penyangga di bagian kaki untuk menopang badannya.

Eman tidak pernah merasa kondisi kakinya jadi hambatan bermain sepak bola, olahraga yang sangat dia sukai. "Apalagi bisa mewakili Indonesia sampai ke sini (Skotlandia). Saya bangga sekali," kata dia.

Kekalahan dari Meksiko juga tidak memuat Indonesia minder. Sebaliknya, hasil ini membuat tim Indonesia berambisi melakukan balas dendam saat bertemu Meksiko tahun depan. "Malah bikin kami jadi tambah terpacu untuk bertemu lagi dengan Meksiko," kata salah satu pemain, Roni Syahroni.

Homeless World Cup merupakan turnamen yang diikuti oleh berbagai negara dengan pemain yang tidak biasa. Mereka berasal dari masyarakat, seperti penderita HIV/AIDS dan tunawisma/gelandangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini