Sukses

Eder Cetak Gol, Suporter Wales Terpaksa Ganti Nama

Banyak yang meragukan kemampuan Eder saat dipercaya tampil memperkuat Portugal di final Euro 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Eder pernah gagal di Premier League. Bersama Swansea City, pemain yang didatangkan dari klub Braga dengan mahar £5 juta atau Rp 85 Miliar tersebut gagal mencetak gol dalam 15 pertandingan.

Dia kemudian dipinjamkan ke Lille dan telah dipermanenkan tak lama sebelum tampil di Euro 2016.

Saat Pelatih Portugal, Fernando Santos, menurunkannya melawan Prancis, banyak yang menganggap remeh Eder. Bahkan salah seorang suporter asal Wales berkoar media sosial, Twitter, akan mengganti namanya bila pemain berusia 28 tahun tersebut mampu mencetak gol kemenangan bagi Seleccao.

"Jika Eder mampu mencetak gol penentu, maka saya akan mengganti nama saya jadi Robert Earnshaw. Tidak mungkin ada peluang," tulis pemilik akun @LewysSCFC seperti dilansir Metro.co.uk. 

Eder jadi pahlawan Portugal saat bertemu Prancis di babak final Euro 2016. Pada laga ini, Eder mencetak gol semata wayang dan membawa Seleccao menjuarai turnamen akbar benua biru tersebut.

Eder masuk menggantikan Sanches pada menit ke-79. Saat itu, skor masih 0-0 dan Portugal sudah tidak diperkuat Cristiano Ronaldo. Pemain asal Real Madrid itu keluar akibat cedera pada menit ke-29.

Pertandingan berakhir tanpa gol hingga babak normal berakhir. Eder akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menint ke-109. Tendangan jarak jauhnya gagal dibendung oleh kiper Hugo Loris.

Keberhasilan Eder tentu saja menjadi petaka bagi pemilik akun @LewysSCFC. Sebab netizen ramai-ramai menagih janjinya. "Tepati janjimu Robert. Saya bukti gambar," tulis Adam Kimble. 

"Hei Robert," tulis pengguna Twitter lainnya, Mike Pitt. "Kasihan-kasihan," tulis Awolowo Olumide menyindir @LewysSCFC.

Tak ingin dianggap menebar janji palus, fans bermulut besar itu pun mengubah namanya jadi Robert Earnshaw. Sebelumnya, pemilik akun @LewysSCFC itu bernama Lewys Prendergast.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini