Sukses

Ingin Juara Piala Dunia, Tiongkok Gaet Trio Legenda Milan

Tiongkok merekrut trio legenda AC Milan, Frank Rijkaard, Marco van Basten, dan Ruud Gullit.

Liputan6.com, Beijing - Tiongkok terus berbenah untuk menjadi raksasa di dunia sepak bola. Selain fokus di liga profesional dan mengakuisisi klub Eropa, mereka ternyata juga fokus untuk pembinaan sepak bola usia dini.

Ya, Presiden Tiongkok, Xi Jingping berencana agar negaranya menjadi juara Piala Dunia tahun 2030 mendatang. Itu sebabnya ia sangat fokus untuk mengembangkan sepak bola mulai tingkat terbawah.

Terbaru, Tiongkok merekrut trio legenda AC Milan, Frank Rijkaard, Marco van Basten, dan Ruud Gullit. Eks pemain asal Belanda ditugaskan untuk menjadi guru bagi 1200 murid di Akademi Sepak Bola Tiongkok hingga tiga tahun ke depan.

Ketiganya juga diwajibkan membuat kurikulum sepak bola ala 'total football' Belanda dipadukan dengan gaya khas permainan Tiongkok. Sehingga lulusannya akan memainkan sepak bola menyerang yang kini kerap dipakai klub kenamaan di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar legenda Belanda

"Pemerintah Tiongkok ingin anak-anak muda mendapat kesempatan bermain sepak bola melalui sekolah. Kami ingin pastikan mereka bermain dengan gembira," ujar Gullit seperti dilansir The Sun.

"Untuk membangun kultur sepak bola, Anda harus memulai dari generasi muda. Saya pikir transfer ilmu seperti ini sangat penting," kata van Basten menimpali.

Kehadiran trio Belanda ini tentu disambut antusias CEO Akademi Sepak Bola Tiongkok, Shan Lie. "Kami ingin mengombinasikan dua sistem sepak bola antara Belanda dengan Tiongkok hingga detail terkecil dan memperkenalkannya pada generasi muda," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.