Sukses

Rossi Berharap 'Bantuan' Michelin di Sachsenring

Selain ban, Rossi juga berharap cuaca akan bersahabat di Sachsenring.

Liputan6.com, Sachsenring- Sachsenring adalah sirkuit dengan karakter yang berbeda dari lintasan lain di MotoGP 2016. Saking uniknya, Michelin pun sampai menyediakan ban khusus. Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, pun berharap Michelin bisa bekerja dengan baik.

Hingga jelang paruh pertama musim 2016 berakhir, performa Michelin terus mendapat sorotan dari banyak pembalap. Maklum, ini adalah kali pertama Michelin menjadi pemasok ban MotoGP. Mereka menggantikan peran Bridgestone yang sejak 2009 resmi menjadi penyuplai ban MotoGP.

Alhasil, para pembalap pun harus kembali beradaptasi dengan karakter ban baru. Tentu, mereka sudah terbiasa dengan karakter ban Bridgestone. Tak hanya itu, para pembalap juga harus beradaptasi dengan Electronic Control Unit (ECU) yang mulai diseragamkan untuk semua pembalap.

Tak heran jika Michelin masih menjadi sasaran tembak jika ada balapan yang dihiasi dengan jatuhnya banyak pembalap. Salah satunya adalah yang terjadi pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. Pada balapan yang sempat dihiasi red flag akibat hujan deras itu, hanya 13 pembalap yang mampu menyentuh garis finis.

Rossi menjadi salah satu pembalap yang vokal menanggapi insiden itu. Saat itu, Rossi mengeluhkan perbedaan karakter ban Michelin dengan Bridgestone. Tak heran jika The Doctor kembali bicara mengenai ban jelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2016).

"Ini adalah lintasan yang sangat spesial dan berbeda dengan semua trek. Ini akan sulit untuk ban. Saat bersama Bridgestone di musim lalu, kami memiliki banyak masalah untuk diperbaiki dan semua di sisi kiri," ujarnya seperti dikutip crash.

"Anda butuh lapisan yang keras untuk ban sebelah kiri. Ini situasi yang berbahaya. Karena alasan itu, akan jadi tanda tanya besar untuk melihat kinerja ban," kata Rossi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuaca Kembali Disorot

Khusus untuk menghadapi tantangan Sirkuit Sachsenring, Michelin sendiri akan menyiapkan ban depan asimetris untuk kali pertama di musim ini. Keputusan itu diambil Michelin menyusul karakter Sachsenring sebagai trek yang memaksa para pembalapnya tak bisa diam, meski hanya sejenak karena banyaknya tikungan.

Karena lebih banyak tikungan ke kiri, tekanan pada sisi kiri ban depan akan lebih besar dari sisi kanan. Ban lunak dan keras asimetris juga akan disediakan Michellin, ditambah ban depan medium compound simetris. Keputusan itu sudah diumumkan Manajer Michellin Two-Weel Motorsport Group, Piero Taramasso.

Selain ban, Rossi juga menyoroti kondisi cuaca di Sachsenring. Rossi tentu tak ingin kejadian di Assen kembali terulang di Jerman saat dirinya butuh kemenangan untuk mengejar pemuncak klasemen pembalap MotoGP 2016, Marc Marquez.

"Sayangnya cuaca di sana sangat buruk dan itu sangat dingin. Ramalan cuaca untuk akhir pekan ini sangat buruk. Ini sangat disesalkan karena semua pembalap berharap menjalani balapan di lintasan yang kering. Musim lalu cuaca selalu bersahabat hingga kami mampu bekerja maksimal dengan motor," ucap Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini