Sukses

Pusamania Borneo FC Vs Persipura Jayapura: Tuan Rumah Siap Tempur

Kedua tim akan bertemu di laga lanjutan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Jakarta - Pusamania Borneo FC (PBFC) dalam kondisi yang tepat saat menjamu tim kuat Persipura Jayapura pada pekan ke-10 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, Jumat (15/7) di Stadion Segiri, Samarinda. Maklum saja, mereka tengah on fire setelah meraih tiga kemenangan beruntun.

Seperti diketahui, Pesut Etam - julukan PBFC, berturut-turut menang atas Persegres Gresik United, PSM Makassar, dan Persija Jakarta. Hebatnya, dari tiga kemenangan tersebut, tim asuhan Dragan Djukanovic tersebut mampu mencetak 10 gol tanpa kemasukan satu gol pun.

Di kandang sendiri, Pesut Etam juga perkasa. Dalam dua laga kandang terakhir PBFC selalu menang. Bahkan, mereka mampu mencetak 8 gol dan selalu clean sheet. Itu menjadi modal bagi Terens Puhiri cs untuk bisa meneruskan tren positif tersebut saat menjamu Mutiara Hitam - julukan Persipura.

Sebaliknya, performa Persipura yang ditangani Jafri Sastra tengah mengalami penurunan. Dalam dua laga terakhir berlangsung di kandang lawan, Boaz Solossa cs tak mampu meraih kemenangan. Usai ditahan imbang 0-0 oleh Arema Cronus, pekan lalu mereka kalah 0-1 di kandang Sriwijaya FC. Bahkan, dari dua pertandingan tersebut lini serang Persipura seolah macet karena tidak mampu mengemas gol.

Menghadapi Persipura, Djukanovic berharap banyak pada ketajaman Pedro Javier yang selalu mencetak gol dalam tiga laga terakhir. Ditopang Edilson Tavares dan Terens Puhiri di sisi sayap, Pedro bakal jadi ancaman serius bagi pertahanan Mutiara Hitam yang dikawal Bio Paulin dan Ricardo Salampesy.

Ketajaman Pedro tak lepas dari perubahan gaya bermain PBFC yang tidak lagi mengutamakan umpan-umpan panjang. Dia kini dimanjakan oleh umpan-umpan pendek di jantung pertahanan lawan.

Namun tentu bukan perkara mudah mengalahkan Persipura. Apalagi, pengalaman PBFC melawan Persipura terbilang minim. Satu-satunya pertemuan kedua tim ini baru berlangsung pada Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tahun lalu. Pada pertandingan tersebut, kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga 120 menit. Pesut Etam akhirnya menang lewat drama adu penalti.

Apalagi Mutiara Hitam juga tengah terluka usai mandul kemenangan di dua laga terakhir. Mutiara Hitam juga perlu tambahan poin untuk menjaga posisinya di papan klasemen sementara.

Kondisi Boaz cs pun dipastikan bugar dan siap tempur. Mereka sengaja tidak kembali ke Jayapura dan memilih menetap di Batu, Malang, untuk menjalani pemusatan latihan. Pelatih Jafri Sastra sudah memperbaiki kekurangan saat klah 0-1 di kandang Sriwijaya. Dia meminta kepada pemainnya untuk tidak membuat pelanggaran yang tak perlu di area pertahanan sendiri. Itu akan membahayakan karena seperti halnya Sriwijaya, PBFC punya pemain yang piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati.

Selain itu, keberhasilan menahan imbang 0-0 tuan rumah Arema pada laga sebelumnya, menjadi referensi bagi Jafri Sastra untuk menghadapi Pesut Etam. Kala itu, permainan disiplin di segala lini membuat Arema cukup kerepotan. Tentunya andai strategi tersebut kembali dimunculkan dan disertai dengan peningkatan dalam agresivitas, setidaknya Persipura bisa menahan imbang PBFC.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

Fakta Pertandingan
- PBFC selalu menang dalam tiga laga terakhir di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo 2016. Mereka mencetak 10 gol dan tak pernah kebobolan.
- Dalam 5 laga kandang, PBFC menang 3 kali dan seri 2 kali.
- PBFC telah mencetak total 16 gol dan menjadi tim tersubur kedua setelah Barito Putera.
- Dalam dua laga terakhir dan terjadi di kandang lawan, Persipura tak pernah menang. Seri 1 kali dan   kalah 1 kali.
- Dalam dua laga terakhir Persipura tak mampu mencetak gol.
- Dalam 5 laga tandang, Persipura meraih 2 kemenangan, 1 seri, dan 2 kalah.

Prediksi Line Up:

Pusamania Borneo (4-4-1-1): Dian Agus P; Diego Michiels, Zulkifli Syukur, Jad Noureddine, Firly Apriansyah; Jefri Kurniawan, Tarik Boschetti, Terens Puhiri, Hendra Ridwan; Edilson Tavares; Pedro Javier Velazquez

Persipura Jayapura (4-3-3): Yoo Jae Hoon; Yustinus Pae, Ricardo Salampesy, Bio Paulin Pierre, Rony Beroperay; Muhammad Tahir, Nelson alom, Riky Kayame; Yohanes Pahabol, Boaz Solossa, Boakay Eddy Foday


3 dari 3 halaman

Head to Head Kedua Tim

19/12/15 Persipura 1-1 PBFC (PBFC menang adu penalti)

5 Laga Terakhir PBFC
03/07/16 PBFC 3-0 Persija
23/06/16 PSM Makassar 0-2 PBFC
17/06/16 PBFC 5-0 Persegres GU
10/06/16 Mitra Kukar 3-2 PBFC
27/05/16 PBCF 1-1 Bhayangkara SU

5 Laga Terakhir Persipura
03/07/16 Sriwijaya FC 1-0 Persipura
26/06/16 Arema Cronus 0-0 Persipura
19/06/16 PS TNI 1-3 Persipura
13/06/16 Persipura 5-4 Barito Putera
28/05/16 Persipura 1-0 Perseru Serui

(Laporan: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini