Sukses

PSM vs Persiba: Laga Uji Kelayakan Robert Rene Alberts

Rene Alberts belum berhasil mempersembahkan kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta- PSM Makassar akan menjamu Persiba Balikpapan pada pekan ke-10 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Andi Matallata, Sabtu (16/7/2016) sore WIB. Laga ini bakal menjadi uji kelayakan pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

Robert didapuk sebagai pelatih Juku Eja menggantikan Luciano Leandro yang dipecat karena gagal mengangkat performa tim. Robert pun dibebankan tugas untuk mengangkat performa PSM.

Sayangnya, kehadiran Robert sebagai juru racik taktik sejauh ini bisa dibilang tak berpengaruh terhadap performa PSM. Statistik mencatat, dari empat pertandingan yang telah dijalani diTSC 2016, PSM gagal meraih satu kemenangan pun.

Laga terakhir Rizki Pellu dan kawan-kawan berakhir dengan kekalahan 2-3 dari Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (2/7/2016) malam WIB.

Buruknya performa PSM membuat pelatih asal Belanda itu mendapat sorotan tajam. Namun, jajaran manajemen Juku Eja tampaknya masih bisa sabar dengan kinerja Robert.

Bahkan, Robert terus mendapatkan servis baik dari manajemen setelah diberi kebebasan mendatangkan pemain baru untuk putaran kedua TSC 2016. Sejauh ini sudah ada empat pemain asing yang bersedia bermain untuk PSM.

Mereka adalah dua pemain asal Belanda, Willem Pluim dan Ronald Hikspoors, ditambah pemain Brasil, Luis Ricardo, dan pemain Korea Selatan, Kwon Jun, untuk mengisi kuota pemain Asia.

Sementara penyerang berlevel timnas Indonesia, Titus Bonai dikabarkan juga merapat setelah kontraknya dengan tim Timor Leste, Karketu Dili FC diputus.

Namun sebelum itu, Robert harus bisa memperbaiki performa PSM di sisa putaran pertama. Salah satu lawan yang akan dihadapi adalah Persiba yang sedang berada dalam kepercayaan diri tinggi usai meraih kemenangan 5-3 atas Gresik United di laga terakhir.

Kondisi baik Persiba tentu bakal menyulitkan PSM meraih kemenangan perdana. Apalagi, penyerang mereka Shohei Matsunaga juga sedang berada dalam performa terbaik pasca mencetak dua gol melawan Gresik.

Kendati demikian, PSM masih bisa merasa optimistis meraih kemenangan perdana lantaran performa Gresik di laga tandang sangat buruk. Statistik mencatat dari empat laga tandang, Gresik mengalami tiga kekalahan dan sekali seri.

Berdasarkan catatan ini apakah Robert Rene Alberts bisa membawa PSM meraih kemenangan perdana dan melewati uji kelayakan? Patut ditunggu.

Prakiraan susunan pemain:

PSM (4-4-2): Dimas Galih Pratama; Ardan Aras, Hendra Wijaya, Jajang Maulana, Achmad Sumardi, Syamsul Chaeruddin, Rizky Pellu, Ridwan Tawainella, M Rahmat, Ferdinand Sinaga, Muchlis Hadi Ning.

Persiba (4-2-3-1): Alfonsius Kelvan; Absor Fawzi, Asep Budi, Ledi Utomo, Antonio Teles, Bima Sakti, Abdul Aziz , Kurniawan Karman, I Gusti Rustiawan , Shohei Matsunaga,Syamsir Alam.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.