Sukses

Persib Vs Persija: Panas di Kota Kembang

El Clasico Indonesia, Persib kontra Persija sempat vakum semusim. Rivalitas kedua kubu berlanjut di Bandung, Sabtu, (16/7/2016).

Liputan6.com, Bandung - Laga sarat gengsi berbalut rivalitas abadi tersaji di GBLA, Sabtu, (16/7/2016). Persib Bandung akan menjamu Persija Jakarta dalam pekan ke-10 gelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Duel warisan era perserikatan ini sempat vakum selama satu musim karena kompetisi mandek di tengah jalan pada 2015. Dalam ISL 2014, kedua kubu bermain imbang dalam dua pertemuan masing -masing pada (8/5/2014) dan (10/8/2014). Persib dan Persija belum bertemu, setidaknya dalam tiga turnamen besar seperti Piala Presiden, Piala Bhayangkara, dan Piala Jenderal Sudirman.

Djadjang Nurdjaman

Menghadapi pertandingan ini, Persib favorit meraup poin penuh. Selain bermain di Bandung, Djadjang Nurdjaman langsung memberikan sentuhan ‘magis’ begitu kembali ke kursi pelatih. Djanur memberikan kemenangan bagi Persib ketika menghadapi PSM Makassar di pekan ke-9 lalu. Legenda Persib itu juga membawa tuah dalam pertandingan ini.

Sejak ditangani oleh Djadjang Nurdjaman, Maung Bandung belum terkalahkan atas musuh bebuyutannya tersebut. Tercatat sejak 2012, Persib bersama pelatih yang karib disapa Djanur itu sudah lima kali hadapi Persija, dengan hasil satu kemenangan dan empat hasil imbang.

Namun demikian, Djadjang enggan sesumbar Pangeran Biru mampu melewati hadangan Persija. Minim persiapan setelah libur lebaran, menurut pelatih 51 tahun ini menjadi kendala tim menjamu Macan Kemayoran. Tapi dia menegaskan, kondisi tersebut bukan alasan Persib tampil loyo di depan Persija.

Persija Jakarta vs Persib Bandung

"Persiapan lima hari sebenarnya tidak cukup waktu dan sangat mepet artinya kondisi fisik ada penurunan. Walaupun bagaimana kami harus siap," kata Djanur.

"Kami sudah melakukan latihan terakhir dan siap menghadapi pertandingan besok. Dua hari menjelang pertandingan saya sudah memiliki rencana starting line up,” sambung pelatih yang pernah menimba ilmu di Inter Milan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modal Besar

Modal Besar
Kendati demikian, meremehkan Persija sama saja bunuh diri bagi Persib. Tim Ibukota ini jelas menjadi lawan misterius bagi Maung Bandung. Anggapan ini cukup beralasan, lantaran Persija sukses memberi efek kejut dengan menang di Bandung dalam dua lawatannya. Pertama, pada musim 2008 saat menang 3-2 atas Persib, kedua di ISL 2011 dengan skor serupa.

Apalagi, dalam 10 tahun terakhir lawatan Macan Kemayoran ke Bandung, Pangeran Biru baru menang tiga kali saja. Bambang Pamungkas cs juga tengah mengincar kebangkitan setelah tiga laga terakhir selalu kalah.

Bambang Pamungkas

Tim asuhan Paulo Camargo ini memiliki beberapa penting, modal untuk menghadapi Persib.
Dalam 34 pertemuan kedua kesebelasan sejak Liga Indonesia 1994-95 lalu, Maung Bandung hanya meraih enam kemenangan saja. Sisanya, Persija sukses menggondol 15 kemenangan, dan 13 kali sisanya berakhir imbang.

Selain itu, Bambang Pamungkas, ikon Persija menjadi topscorer sepanjang masa di duel ini. Bepe20 telah mencetak 9 gol dalam 23 pertandingan sejak Liga Indonesia VI musim 1999/00. Serginho Van Dijk menguntit di posisi 2 dengan 3 gol.

Berangkat dari catatan penting tersebut, Paulo Camargo meminta tim untuk bangkit setelah hasil minor yang menerpa tim. "Saya berharap seperti itu. Persija memiliki banyak pemain muda dan tidak mudah melupakan kekalahan. Bagi pemain muda, itu normal karena butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan diri lagi. Saya yakin, semua bisa lebih baik ketika melawan Persib." (Penulis: Indra Eka Setiawan)

Prediksi Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini