Sukses

Mitra Kukar Vs Bhayangkara SU: Menanti Kebangkitan Naga Mekes

Mitra Kukar tak pernah menang dalam tiga laga terakhir.

Liputan6.com, Kutai - Bangkit! Itulah misi Mitra Kukar saat menjamu Bhayangkara Surabaya United pada pekan ke-10 Torabika Soccer Championship (TSC) Presented by IM3 Ooredoo, Minggu (17/7). Maklum saja, dari tiga laga terakhir, Naga Mekes - julukan Mitra Kukar, tak pernah meraih kemenangan.

Usai menang atas Pusamania Borneo FC pada pekan ke-6, berturut-turut Naga Mekes kalah 1-2 dari Persib Bandung, seri 0-0 kontra Persiba Balikpapan, dan kalah 2-3 dari Madura United.

Pelatih Mitra Kukar, Subangkit, menegaskan bahwa laga kontra BSU dijadikan momentum untuk kembali ke jalur kemenangan. Dia menyebut andai kembali gagal meraih poin maksimal, timnya bakal semakin tercecer dalam persaingan memperebutkan gelar juara TSC 2016.

Keangkeran Stadion Aji Imbut bakal dijadikan modal bagi Naga Mekes untuk mencoba bangkit dan kembali ke jalur kemenangan. Dari 4 laga kandang, mereka tak terkalahkan dengan meraih 2 kemenangan dan 2 seri.

Kendati begitu, upaya Mitra Kukar untuk mengamankan tiga poin penuh terbilang sulit dan butuh kerja keras. Bukan apa-apa, mereka harus kehilangan duo legiun Brasil yang selama ini perannya sangat vital. Yakni defender Arthur Cunha dan playmaker Rodrigo Ost Dos Santos. Keduanya absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Toh, tanpa keduanya, Subangkit tetap pede menatap laga ini. Menurutnya banyak pemain lain yang bisa menggantikan peran keduanya. Untuk menggantikan peran Rodrigo sebagai playmaker, Subangkit akan mengedepankan Asri Akbar. Mungkin dalam hal visi permainan Asri Akbar di bawah Rodrigo, tapi kengototan dan insting mencetak gol cukup mumpuni. Selama ini dia sudah mencetak 1 gol dan plus 1 assist.

Asri Akbar pun tak kalah dalam kepiawaian melepaskan umpan terukur yang bakal memanjakan duet penyerang asing Marlon da Silva dan Alan Leandro. Akurasi umpan dia mencapai 81 persen.

Laga ini juga bakal menjadi momentum bagi Alan Leandro untuk kembali membuka keran golnya. Dari tiga laga terakhir, dia mengalami kemandulan. Tak pelak, torehan golnya mampu disamai partnernya. Kini Alan dan Marlon sama-sama mengemas 4 gol. Artinya 61,5 persen total gol Naga Mekes disumbangkan oleh duet Alan-Marlon.

Bhayangkara SU sendiri datang ke Tenggarong dengan motivasi tinggi. Dalam laga terakhir mereka menang 3-1 atas Bali United. Selain itu, dalam laga tandang terakhir mereka mampu mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 2-0. Persiba notabene adalah tim yang sama-sama berasal dari Kalimantan Timur seperti halnya Mitra Kukar. Bisa dikatakan Thiago Furtuoso cs memiliki memori kemenangan di Kalimantan Timur.

Toh, dalam rekor pertemuan sebelumnya, BSU taK pernah kalah saat menghadapi Mitra Kukar. Dari 5 laga terakhir BSU menang 3 kali dan seri 2 kali. Bahkan salah satu kemenangan didapat saat berlaga di Aji Imbut.

Sama-sama memiliki motivasi tinggi, laga kedua tim dipastikan bakal seru dan bertensi panas. Faktor tuan rumah bakal menjadi pembeda. Andai mampu tampil lepas dan tak tertekan untuk meraih kemenangan, Naga Mekes bakal menuai hasil positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Pertandingan

Fakta Pertandingan

- Dalam tiga laga terakhir di TSC 2016, Mitra Kukar tak pernah menang. Sekali seri dan dua kali kalah.
- Mitra Kukar tak pernah kalah di kandang. Dari 4 laga hasilnya 2 menang dan 2 seri.
- Bomber Mitra Kukar, Alan Leandro, tak lagi mencetak gol dalam 3 laga terakhir.  
- Bhayangkara SU justru garang di laga tandang. Dari 4 lawatan ke kandang lawan meraih 2 kemenangan, sekali seri, dan hanya 1 kali kalah.
- Dalam laga terakhir, BSU mencetak tiga gol saat meladeni Bali United.

Head to Head
05/04/15 Bhayangkara SU 1-0 Mitra Kukar
30/10/14 Mitra Kukar 3-3 Bhayangkara SU
06/10/14 Bhayangkara SU 1-1 Mitra Kukar
02/09/14 Mitra Kukar 2-4 Bhayangkara SU
01/02/14 Bhayangkara SU 2-1 Mitra Kukar

5 Laga Terakhir Mitra Kukar
02/07/16 Madura United 3-2 Mitra Kukar
24/06/16 Mitra Kukar 0-0 Persiba Balikpapan
18/06/16 Persib Bandung 2-1 Mitra Kukar
10/06/16 Mitra Kukar 3-2 Pusamania Borneo
29/05/16 Sriwijaya Mitra 0-0 Kukar

5 Laga Terakhir Bhayangkara SU
03/07/16 Bhayangkara SU 3-1 Bali United
25/06/16 Bhayangkara SU 0-1 Madura United
20/06/16 Persiba Balikpapan 0-2 Bhayangkara SU
11/06/16 Bhayangkara SU 4-1 Persib Bandung
27/05/16 Pusamania Borneo 1-1 Bhayangkara SU

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.