Sukses

9 Atlet Termuda yang Pernah Mengguncang Dunia

Di usia muda mereka sudah mampu mengguncang dunia dengan prestasinya di bidang olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Usia muda bukan halangan buat para atlet untuk berprestasi. Berkat latihan keras juga bakat, para atlet bisa saja melewati para senior di cabang olahraga yang mereka geluti untuk meraih juara.

Keberhasilan itupun membuat nama mereka tercantum di buku sejarah sebagai juara termuda. Pasalnya, tidak banyak atlet yang bisa mencapai prestasi seperti para atlet muda tersebut.

Tak hanya masuk buku sejarah, prestasi yang diraih di usia muda membuat mereka menjadi inspirasi publik. Banyak orang bercita-cita menjadi seperti para atlet tersebut.

Seperti dilansir Totalsportek, berikut ini sembilan atlet muda yang berprestasi dari berbagai cabang olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kelly Slater

1. Kelly Slater (Selancar)

Selancar mungkin bukan olahraga yang populer seperti sepak bola atau bola basket. Tidak banyak orang bisa menekuni olahraga ini. Dan di antara sedikit orang yang menekuni selancar, tercantum nama Kelly Slater sebagai salah satu atlet selancar terbaik dunia.

Bagaimana tidak, sepanjang kariernya di selancar, Kelly telah memenangkan 11 kali kejuaraan dunia dan 54 gelar di ajang World Championship Tour Victories. Yang luar biasa, Kelly pertama kali juara dunia di usia 20 tahun.

Berkat prestasinya itu, nama Kelly pun mendapat julukan Michael Jordan-nya selancar. Tak hanya itu, Kelly juga masuk dalam jajaran peselancar terbaik di dunia.

3 dari 10 halaman

Mike Tyson

2. Mike Tyson (Tinju)

Menjadi juara dunia di usia 20 tahun juga ditorehkan legenda tinju dunia, Mike Tyson. Si Leher Beton ini menjadi juara dunia di tahun 1986 usai mengalahkan Trevor Berbick. 

Sejak saat itu, nama Tyson kerap dielu-elukan para pecinta tinju. Selama satu dekade, Tyson boleh dibilang penguasa dunia tinju kelas berat.

Sayangnya, karier Tyson kerap diwarnai kontroversi. Dirinya sempat dituduh memperkosa dan masuk penjara. Di akhir kariernya pun, Tyson didera kebangkrutan. Tyson pensiun di tahun 2005.

Catatan wikipedia, Tyson telah naik ring sebanyak 58 kali dengan 50 kemenangan, 44 di antaranya kemenangan dengan KO, dan kalah 6 kali.

4 dari 10 halaman

Ian Thorpe

3. Ian Thorpe (Renang)

Di dunia renang, orang mungkin lebih mengenal Michael Phelps. Namun, selain Phelps, sejatinya ada nama Ian Thorpe yang lebih dulu mengentak kancah renang dunia.

Thorpe merupakan salah satu atlet renang tersukses di dunia dengan catatan lima medali Olimpiade. Dia juga pernah menjadi perenang termuda yang mewakili Australia yakni di usia 14 tahun pada Kejuaran Dunia 1998.

Pecinta renang pun memberikan julukan Thorpedo. Julukan itu tak terlepas dari kecepatan Thorpe saat melaju di dalam air.

5 dari 10 halaman

Michael Chang

4. Michael Chang (Tenis)

Usia 17 tahun dan telah memenangkan Grand Slam. Itulah prestasi yang ditorehkan atlet tenis Amerika Serikat, Michael Chang. Chang merupakan juara Grand Slam termuda dalam sejarah.

Chang memenangkan Prancis terbuka tahun 1989. Saat masih bermain, Chang dikenal sebagai petenis yang bagus dalam bertahan. Chang pula yang mengenalkan teknik memukul backhand sambil melompat.

Selain prestasinya itu, Chang juga pernah berada di 10 besar petenis dunia pada era 90an. Peringkat tertingginya adalah peringkat dua di bulan September 1996.

6 dari 10 halaman

Magnus Carlsen

5. Magnus Carlsen (Catur)

Menjadi seorang Grand Master di catur bukanlah hal mudah. Maklum, tak seperti olahraga lain yang cenderung mengutamakan fisik, catur adalah olahraga yang leih mengutamakan strategi dan kemampuan berpikir.

Tapi, prestasi tersebut ternyata bisa diraih oleh pecatur asal Norwegia, Magnus Carlsen. Di usianya yang masih 13 tahun 148 hari, Carlsen telah menjadi juara dunia setelah menang di kejuaraan dunia di Dubai pada 2004.

Berkat prestasi gemilangnya itu, sebuah film berjudul Magnus akan dibuat pada tahun ini. Film itu merekam perjalanan Magnus dalam menjadi juara dunia.

7 dari 10 halaman

Stephen Hendry


6. Stephen Hendry (Snooker)

Olahraga Snooker mungkin belum banyak diketahui publik Indonesia. Olahraga ini mirip dengan biliar. Perbedaannya terletak pada  jumlah bola dan penilaian poinnya.

Di dunia, olahraga ini sudah cukup dikenal. Dan Stephen Hendry, atlet snooker asal Skotlandia merupakan juara dunia termuda yang tercatat dalam sejarah olahraga ini.

Hendry menjadi juara dunia snooker pada tahun 1990 di usianya yang ke 21. Selama kariernya di snooker, Henry telah jadi juara sebanyak tujuh kali dan menjadi pemain snooker nomor satu dunia dari tahun 1990 hingga 1998.

8 dari 10 halaman

Tom Morris

7. Tom Morris (Golf)

Sebelum dunia mencatat Tiger Woods sebagai pegolf terbaik, ada nama Tom Morris yang lebih dulu menempati posisi tersebut. Bahkan, Morris menempati posisi itu jauh sebelum olaharaga golf berkembang.

Morris mencatatkan diri sebagia pegolf terbaik usai menjadi juara di usia 17 tahun pada tahun 1868. Saat usianya 21 tahun, Morris telah memenangkan empat kejuaraan terbuka. Rekor yang belum mampu disamai oleh pegolf manapun hingga kini.

9 dari 10 halaman

Fan Zhendon

8. Fan Zhendon (Tenis Meja)

Tenis meja adalah salah satu olahraga populer di Tiongkok. Dari sana pula olahraga itu sebetulnya berasal. Tak heran, Tiongkok telah banyak melahirkan banyak jawara di olahraga ini.

Salah satu juara yang tercatat dalam sejarah adalah Fan Zhendon. Dia menjadi juara dunia di usia 17 tahun 103 hari. Catatan itu melewati seniornya, Ma Long.

Sebelumnya, Zhendon juga telah menjadi anggota tim nasional tenis meja Tiongkok dan juara termuda di ajang World Tour.

10 dari 10 halaman

Ratchanok Intanon

9. Ratchanok Intanon (Bulutangkis)

Nama pemain Thailand, Ratchanok Intanon masuk sebagai salah satu pebulutangkis putri terbaik di tengah dominasi pemain asal Tiongkok. Nama Rachanok menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan usai pada 2013 dirinya berhasil jadi juara dunia.

Tidak tanggung-tanggung, Ratchanok kala itu mengalahkan pemain nomor satu dunia dan pemegang medali emas Olimpiade, Li Xuerui. Saat itu, usianya baru 18 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.