Sukses

Rusia Terancam Dicoret dari Olimpiade 2016

Ini diakibatkan karena banyak atlet Rusia yang memakai doping di Olimpiade musim dingin di Sochi 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat banyak atletnya yang memakai doping di Olimpiade musim dingin di Sochi 2014, Rusia terancam dicoret dari gelaran Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil.

Sebenarnya, para atlet atletik Rusia sudah dilarang tampil di Olimpiade, Agustus mendatang oleh Federasi Atletik Internasional (IAAF) karena skandal doping di Sochi.

Baca Juga

  • Klasemen Pembalap MotoGP 2016 Usai Marquez Juara di Jerman
  • Bek MU Bicara Pola Latihan Mourinho
  • Tim Rio Haryanto Mulai Bikin Rival Ketar-ketir

Tidak hanya IAAF, Ketua badan antidoping Amerika Serikat (USADA), Travis Tygart menyarankan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk melarang semua atlet Rusia tampil di Brasil, tidak hanya atlet atletik saja.

"Atas nama atlet yang bersih dan organisasi antidoping, kami yakin bahwa IOC bakal mengedepankan prinsip-prinsip Olimpiade untuk menjatuhkan hukuman kepada Rusia. Mereka tidak pantas mengirimkan atletnya di Olimpiade," kata Travis, dikutip dari La Repubblica.

Untuk memperkuat itu, beberapa badan antidoping sedang melakukan investigasi atas skandal doping Rusia di Olimpiade musim dingin 2014. Pekan depan mereka bakal mengumumkan hasilnya.

Investigasi skandal doping yang melibatkan banyak atlet Rusia di Sochi 2014 dipimpin oleh pengacara asal Kanada, Richard McLaren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini