Sukses

Klub-klub Liga Inggris Ikuti Jejak MU Komersialkan Kostum Latihan

Jersey latihan kini jadi salah satu sumber pendapatan klub-klub Inggris.

 

Liputan6.com, Manchester - Popularitas Liga Inggris tidak perlu diragukan lagi. Kompetisi tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth itu telah disiarkan ke hampir seluruh belahan dunia, mulai dari Eropa, Asia, hingga benua Afrika. 

Hal ini tentu berdampak kepada klub-klub peserta. Penghuni Liga Inggris kini menjadi magnet bagi pihak sponsor yang ingin mengiklankan produknya. Perusahaan-perusahaan ini rela membayar mahal demi mendapat tempat di strategis pada kostum yang dikenakan tim-tim saat bertanding. 

Belakangan, jersey latihan juga laku 'dijual' dengan nilai yang tidak kalah fantastis. Seperti dilansir Dailymail, Chelsea baru menjalin kerjasama dengan minuman energi, Carabao. Untuk menempel di kostum latihan The Blues, Carabao harus membayar 30 juta pound sterling atau Rp517 miliar.

Chelsea menirukan langkah MU yang menempatka nsponsor berbeda untuk jersey latihan mereka / AFP


Selain Chelsea, Liverpool juga telah lebih dulu melakukan hal ini. The Reds menggandeng perusahaan taruhan BetVictor sebagai sponsor untuk jersey latihannya setelah putus dari Garuda Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diawali dari Manchester United

Ceruk bisnis memanfaatkan jersey latihan awalnya ditemukan oleh Manchester United. Setan Merah mulai memisahkan penjualan lokasi iklan di jersey latihan dan pertandingan pada tahun 2011. 

Pertama kali, MU menggandeng perusahaan pengapalan DHL sebagai sponsor jersey latihan mereka. Saat itu DHL harus membayar sebesar 40 juta pound sterling untuk durasi kontrak tiga tahun.

Setelah kontrak dengan DHL berakhir, MU lalu menjalin kontrak dengan perusahaan asuransi asal Inggris, AON. AON sebelumnya adalah sponsor utama di jersey pertandingan MU sebelum digantikan Chevrolet. Dari AON, MU mendapat dana 120 juta pound sterling untuk kontrak delapan tahun.

AON menempel di jersey latihan Manchester United / Manutd.com


Pakar finansial sepak bola dari Universitas Sheffield Hallam, Rob Wilson menuturkan, klub tidak hanya mendapat keuntungan dari para sponsor yang memasang mereknya di jersey latihan.  Klub memperoleh keuntungan juga dari penjualan jersey latihan yang justru laris diburu fans.

"Dari sudut pandang fans, ini adalah sesuatu yang lain yang dapat mereka beli. Jersey latihan kini dijual di toko-toko besar. Anda mungkin tak membayangkan ini beberapa tahun lalu," kata Wilson.

Diperikaran, setelah MU, Chelsea, dan Liverpool, akan ada lebih banyak klub Inggris yang melakukan hal serupa. Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester City diprediksi akan menempuh jalur yang sama untuk menambah pundi-pundi kekayaannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

Video Terkini