Sukses

5 Tendangan Tercepat dalam Sejarah Sepak Bola

Tendangan para pemain ini tercatat dalam buku sejarah sepak bola sebagai yang tercepat.

Liputan6.com, Jakarta - Ronald Koeman, Roberto Carlos, Zlatan Ibrahimovic, hingga David Beckham dikenal sebagai pemilik tendangan geledek di eranya. Derasnya laju si kulit bundar yang melesat dari hentakan kaki pemain-pemain bintang ini dianggap seperti peluru yang sulit dibendung oleh penjaga gawang tim lawan.

Tendangan Carlos dengan kecepatan 138 km/jam pernah bersarang ke gawang Prancis pada Piala Konfederasi 1997 lalu. Namun ternyata, Ibrahimovic pernah melepaskan tembakan yang lebih cepat, yakni 150 km/jam saat mencetak gol ke gawang Anderlecht dalam sebuah laga Liga Champions 

Lalu siapa saja pemain-pemain dengan tendangan tercepat di dunia? Rekor ini ternyata tidak selamanya milik pemain bintang yang bermain di kompetisi kasta tertinggi. Namun yang pasti, tendangan geledek tidak lahir begitu saja, tapi berkat teknik tinggi yang dihasilkan oleh pemain.   

Seperti dilansir Sportskeeda, berikut lima tendangan tercepat yang pernah terekam dalam sejarah sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. David Hirst

1. David Hirst

Stadion Highbury, Liga Inggris musim 1996/97, David Hirst memegangi kepalanya. Ia menyesali tendangan geledeknya yang membentur mistar gawang Arsenal. Padahal, kalau masuk, Sheffield bisa unggul 2-0.

Meski demikian, tendangan Hirst ternyata tetap tercatat sebagai salah satu tendangan geledek tercepat di sepak bola. Tercatat, kecepatan tendangan Hirst saat itu mencapai 183,4 km/jam.

Mantan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson kabarnya pernah mencoba merekrut Hirst. Tapi, Ferguson mengalihkan bidikannya ke Eric Cantona. Pilihan ini ternyata tepat. Cantona menjadi Raja di Old Trafford berkat prestasinya.

3 dari 6 halaman

2. Ronald Koeman

2. Ronald Koeman

Manajer Everton, Ronald Koeman saat masih bermain dikenal sebagai salah satu bek terbaik dunia. Yang membuat Koeman punya ciri khas sebagai bek adalah tendangan geledek yang kerap jadi senjata andalannya.

Koeman menunjukan kelihaiannya itu di partai final Liga Champions musim 1992 melawan Sampdoria. Pria asal Belanda ini menciptakan gol lewat tendangan bebas berkecepatan 188 km/jam.

Barcelona pun merengkuh gelar juara Liga Champions pertama mereka.

4 dari 6 halaman

3. Steven Reid

3. Steven Reid

Tendangan tercepat berikutnya lahir dari kaki Steven Reid. Gelandang asal Inggris ini menciptakan gol dengan tendangan berkecepatan 189 km/jam saat Blackburn melawan Wigan Athletic di Liga Inggris.

Saking cepatnya tendangan Reid, para suporter saat itu membuat lelucon soal tendangan tersebut. Para suporter mengibaratkan tendangan itu seperti peluru.

Steven Reid saat ini bermain di Burnley. Meski usianya sudah 35 tahun, gelandang asal Republik Irlandia ini tetap menjadi pilihan utama di tim yang dibelanya.

5 dari 6 halaman

4. Arjen Robben

4. Arjen Robben

Arjen Robben memiliki kaki kiri yang mematikan. Gelandang yang kini berkostum Bayern Muenchen kerap membuat gol spektakuler dari kaki kirinya tersebut.

Salah satu gol Robben yang masuk dalam buku sejarah adalah yang dicetaknya sewaktu bermain bersama Real Madrid. Gol tendangan kaki kiri ini dicetak Robben dengan kecepatan 190 km/jam ke gawang Borussia Dortmund.

Robben memang boleh dibilang salah satu pemain kidal terbaik di dunia. Terbukti, Robben hampir tak tergantikan di posisinya sebagai gelandang sayap kiri. Tusukan dan kecepatannya kerap membahayakan tim yang jadi lawan FC Hollywood -julukan Muenchen.

6 dari 6 halaman

5. Ronny Heberson

5. Ronny Heberson

Jika Anda sedang membuka Youtube, tak ada salahnya mencari nama Ronny Heberson. Lalu klik video berjudul Ronny's Thunder Shot.

Dalam video itu, Anda akan melihat tendangan geledek Ronny yang mencapai kecepatan 210,8 km/jam. Ada 1 juta lebih pengguna internet yang sudah melihat video itu. Bek Hertha Berlin ini tercatat menjadi pemain dengan tendangan paling geledek untuk saat ini.

Heberson saat ini masih berkostum Hertha Berlin sejak didatangkan pada 2010. Di klub Bundesliga Jerman itu, Heberson telah mencatatkan 112 kali tampil dan membukukan 27 gol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini