Sukses

Profil Madura United: Mendewakan Kolektivitas

Madura United menjadi tim dengan penampilan mengejutkan di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Madura - Bukan Arema Cronus yang layak menjadi sorotan di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Justru Madura United yang kini menjadi buah bibir.

Maklum saja, tim yang secara resmi baru eksis dengan nama Madura United pada 10 Januari 2016 tersebut langsung berada di papan atas TSC 2016. Hingga pekan ke-10, MU mampu bertengger di posisi kedua di bawah Arema Cronus.

Baca Juga

  • Takut Kelelahan, Mourinho Minta Jadwal Chelsea Vs MU Diubah
  • Program Latihan Liverpool dan Chelsea Merusak Kondisi Pemain
  • Lambat di Trek Basah, Calon Tandem Rossi Kritik Suzuki

Dari 10 laga, Pablo Rodrigues cs mengemas 6 kemenangan, 3 seri, dan baru 1 kali menelan kekalahan. Menariknya, MU sehari memimpin klasemen sementara.

Itu terjadi pada Minggu (17/7) usai meraih kemenangan 2-1 di kandang Persegres Gresik United. Arema sendiri baru bermain pada Senin (18/7). Posisi MU pun tergusur ke peringkat kedua karena Singo Edan mampu menang 2-0 di kandang Persela Lamongan.

Terlepas dari itu, Presiden MU, Achsanul Qosasi, tetap bangga dengan pencapian timnya yang sempat merasakan puncak klasemen meski hanya sehari. Itu terwujud dari ucapannya di akun Twitter resmi MU, @MaduraUnitedFC.

"Selamat untuk Arema, Madura sehari menikmati puncak Klasemen sudah sangat bersyukur, kami masih belajar dan akan terus mengejar dengan ksatria," cuit AQ - panggilan akrab Achsanul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Laga Tak Terkalahkan

Keberhasilan Laskar Sape Kerap berada di papan atas dan kini menjadi salah satu kandidat peraih gelar juara dilakukan secara gagah. Engelberd Sani cs tak terkalahkan dalam 7 laga terakhir secara beruntun. MU menjadi tim pertama di TSC yang mencatat pencapaian fenomenal tersebut.

Usai kalah telak 0-5 dari Sriwijaya FC pada pekan ke-3, MU tak lagi tersentuh kekalahan sejak pekan ke-4. Berturut-turut mereka menang 2-1 atas Pusamania Borneo FC, seri 0-0 kontra Persib Bandung.  

Dilanjutkan dengan kemenangan 3-1 atas Persiba Balikpapan, seri 0-0 melawan Bali United, menang 1-0 di kandang Bhayangkara Surabaya United. Kemudian, menang 3-2 saat menjamu Mitra Kukar, dan menang 2-1 di kandang Persegres GU. Total, dari 7 laga tanpa kalah itu, MU menang 5 kali (3 kemenangan dalam 3 laga terakhir) dan 2 seri.

Salah satu kunci permainan menawan MU adalah tak mengutamakan kualitas individu seorang pemain. Dalam artian, pelatih Gomes de Oliveira tak tergantung pada one man show. MU lebih mengutamakan kerja sama di lapangan atau mendewakan kolektivitas.

3 dari 3 halaman

Bonus Jadi Suplemen Madura United

Di mata Gomes, semua pemain berkedudukan sama dan memiliki peran yang sama pula. Predikat bintang sama sekali tak berlaku, baik itu untuk pemain senior maupun pemain muda. Hal tersebut membuat semua pemain merasa dihargai dan memiliki klub. Sehingga, di lapangan, setiap ditampilkan mereka mampu memberikan yang terbaik.

Dalam permainan, Gomes juga tak bertumpu pada satu atau dua pemain saja, karena menolak adanya ketergantungan. Hal tersebut terbukti manjur. Semua pemain mampu tampil maksimal karena merasa memiliki peran yang sama.

Toh, aktor di balik layar tetap tak boleh dilupakan. Presiden klub dan manajer Haruna Soemitro berperan besar dalam kelangsungan dan kemajuan MU. Achsanul Qosasi sangat peduli dengan prestasi tim miliknya. Dia tak segan memberikan motivasi langsung kepada para pemain.

Bahkan, untuk menunjang kinerja para pemain di atas lapangan, Achsanul tak segan menjanjikan bonus. Andai mampu meraih kemenangan, dia sudah menyediakan bonus khusus. Itu dilakukan untuk merangsang semangat pemain untuk bekerja lebih keras. Hasilnya memang luar biasa, MU bisa bertengger di papan atas TSC 2016.

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.