Sukses

Duel Bintang Persipura Kontra Persib, Adu Cerdik Riki Vs Basna

Riki Kayame dan Rudolof Yanto menjadi kunci permainan timnya masing-masing.

Liputan6.com, Jayapura - Dua talenta muda paling bersinar dari Papua, Riky Kayame dan Rudolof Yanto Basna akan saling berhadapan pada laga Persipura Jayapura melawan Persib Bandung, Kamis (21/7/2016) malam WIB. Bigmatch yang merupakan lanjutan pekan ke-11 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo bakal dihelat di Stadion Mandala, Jayapura.

Riky Kayame dan Yanto Basna mampu menyita perhatian sepak bola Indonesia ketika sukses menembus skuat utama di usia yang masih muda. Riki saat ini berusia 22 tahun, sementara Yanto Basna berusia 20 tahun.

Meski masih belia keduanya mampu bersaing dengan para pemain senior di klubnya masing-masing. Bahkan pada laga sebelumnya, Riki mampu menyingkirkan Boaz Solossa ke bangku cadangan saat menang 3-0 atas Pusamania Borneo FC.

Pada laga tersebut, Riky tampil gemilang dengan menyumbangkan satu gol. Sedangkan dua gol lain diciptakan Boakay Edi Foday dan Ferinando Pahabol.

Tambahan satu gol membuat Riky telah mengoleksi tiga gol dari tujuh pertandingan bersama Persipura di TSC 2016. Dia sejajar dengan top skorer Persipura, Boaz dan Pahabol yang sama-sama telah mengemas tiga gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Riki dan Basna Bonus Papua Asli

Keberhasilan Riky bersinar bersama Persipura di TSC 2016 tak terlepas dari gaya bermainnya yang selalu dinamis. Riky bukanlah tipe striker yang senang berada di kotak penalti, tapi akan selalu bergerak membuka ruang.

Penempatannya posisinya juga sangat baik untuk menuntaskan peluang yang ada. Statistik mencatat, Riky Kayame memiliki akurasi tembakan sebesar 50 persen. Selain itu, Riky juga pandai dalam mengirimkan umpan dibuktikan dari 81 persen akurasi umpan yang dia miliki sejauh ini.

Namun, Riky akan berhadapan dengan lawan berat ketika Yanto Basna menjaganya pada pertandingan nanti. Tak diragukan lagi Yanto Basna merupakan salah satu bek terbaik di Indonesia saat ini.

Saat masih memperkuat Mitra Kukar, Yanto Basna merupakan andalan Jafri Sastra yang sekarang membesut Persipura. Kegemilangan Yanto membuat Naga Mekes sukses meraih trofi Piala Jenderal Sudirman usai menaklukkan Semen Padang dengan skor akhir 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Berkat performa menawannya itu, Yanto Basna diganjar dengan trofi pemain terbaik di Piala Jenderal Sudirman.

3 dari 3 halaman

Siapa Lebih Kuat?

Yanto Basna juga tampil sangat apik ketika melawan Persija Jakarta pada laga bertajuk El Clasico di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pada laga itu, Yanto Basna sukses mematikan pergerakan Abrizal Umanailo dan juga Bambang Pamungkas.

Meski pada laga nanti, Yanto Basna akan sangat fokus kepada idolanya, Boaz Solossa, dia mengaku tak akan melepaskan penjagaanya kepada Riky. "Pemain yang lain yang harus kita waspadai. Karena selama ini gol-gol yang berhasil diciptakan Persipura bukan dari kakak Boaz, tapi pemain lainnya," ujar Yanto Basna.

Lantas mampukah Riky Kayame menghadapi tembok kokoh Yanto Basna? Atau justru Yanto Basna yang sukses mematikan pergerakan Riky Kayame? Menarik ditunggu.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini