Sukses

Bocoran Starting XI MU Lawan Dortmund Pilihan Mourinho

Formasi 4-2-3-1 kembali menjadi andalan Mourinho.

Liputan6.com, Shanghai - Manchester United (MU) bersiap turun gelanggang di ajang International Champions Club (ICC) 2016 di Shanghai, Tiongkok. Jumat (22/7/2016), MU akan menghadapi Borussia Dortmund. Pelatih Jose Mourinho pun sudah menemukan daftar susunan pemain yang akan dipasangnya.

Tiongkok memang jadi negara pertama tujuan tur pramusim MU di musim panas 2016. Di sana, mereka akan memainkan dua pertandingan melawan tim top. Setelah menghadapi Dortmund di Shanghai Stadium, Setan Merah akan meladeni rival sekota, Manchester City.

Untuk tur kali ini, Mourinho membawa 25 pemain pilihannya. Penyerang anyar Zlatan Ibrahimovic sengaja ditinggal karena belum fit 100 persen. Itu karena Ibra baru saja beraksi di Piala Eropa 2016 bersama Swedia. Namun, dua pemain anyar lain, Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan, tetap dibawa Mourinho.

Selain itu, Mourinho juga membawa sebagian besar tim inti The Red Devils. Sebut saja Wayne Rooney, Marcus Rashford, David De Gea, Michael Carrick, Adnan Januzaz, Phil Jones, Chris Smalling, hingga Juan Mata.

Meski hanya bertajuk tur pramusim, Mourinho tetap serius mempersiapkan timnya. Maklum, ini kesempatan bagus bagi Mourinho untuk menemukan formasi terbaik MU. Tampaknya, Mourinho sudah memutuskan siapa saja yang bakal tampil sebagai starter saat melawan Dortmund.

Bocoran starting XI Manchester United untuk laga International Champions Cup (ICC) 2016 melawan Borussia Dortmund. (Mirror)

Hal itu terungkap dari sebuah foto mengenai detail skema dan daftar starting XI MU yang ditulis Mourinho di atas sebuah kertas putih. Foto itu diambil kala Mourinho sedang mendampingi pasukannya berlatih.

Dalam coretan itu, Carrick dan Ander Herrera akan tampil bersama sebagai gelandang jangkar. Carrick belakangan memang terus mendapat kesempatan dari Mourinho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Depay Ujung Tombak

Depay Ujung Tombak
Mourinho kemungkinan memasang Jesse Lingard, Mata, dan Mkhitaryan untuk mengemban tugas sebagai gelandang serang. Untuk posisi penyerang tengah, Mourinho memilih pemain asal Belanda, Memphis Depay.

Bagi Depay, ini tentu akan jadi kesempatan bagus untuk memikat Mourinho. Pasalnya, musim lalu, dia mendapatkan musim yang buruk bersama MU. Depay hanya mencetak tujuh gol dan sembilan assist dari 46 laga.

Untuk posisi lini belakang, Mourinho memilih Axel Tuanzebe, Smalling, Jones, dan Marcos Rojo. Sementara tenaga pemain seperti Rooney dan Rashford tampaknya tak ingin terlalu dipaksakan Mourinho. Sebab, kedua pemain itu baru pulang bertugas di Piala Eropa 2016 bersama Inggris.

3 dari 3 halaman

Pola 4-2-3-1

Pola 4-2-3-1
Sekadar catatan, Mourinho memang tipe pelatih yang lebih menyukai formasi 4-2-3-1. Skema itu sudah menjadi andalan Mourinho hampir di semua klub yang dibelanya.

Jika Ibrahimovic ikut dalam rombongan, tentu ia yang akan mengisi peran sebagai penyerang tengah. Sementara posisi Depay bisa digeser ke belakang sebagai penyerang lubang atau sayap.

Melihat susunan pemain yang disiapkan untuk laga lawan Dortmund, Mourinho sepertinya akan melakukan banyak perubahan. Saat menang 2-0 atas Wigan Athletic pada laga uji coba di The DW Stadium, Mourinho melakukan tujuh pergantian pemain di babak kedua. Hasilnya, MU mampu memecahkan kebuntuan dengan mencetak dua gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.