Sukses

5 Pesepak Bola Tercepat di Dunia

Antonio Valencia menempati urutan teratas daftar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola tak melulu soal tendangan, akurasi, maupun sundulan. Salah satu faktor yang tak kalah pentingnya adalah kecepatan. Itu adalah modal penting bagi pesepak bola dunia, khususnya yang berposisi sebagai penyerang sayap, bek sayap, atau penyerang.

Untuk tiga posisi tersebut, kecepatan hal yang sangat dibutuhkan. Para penyerang sayap membutuhkan kecepatan untuk merobek rapatnya barisan pertahanan lawan. Khusus bek sayap, mereka butuh kecepatan untuk menyisir seluruh area sisi lapangan.

Karenanya, akan ada menu sprint dalam setiap latihan para pesepak bola. Itu agar mereka bisa mengasah kecepatan saat tengah beraksi di atas rumput hijau. Hingga kini, ada beberapa pesepak bola top yang memukau publik dengan kecepatannya.

Seperti dilansir Total Sportek, setidaknya ada lima pemain yang sempat menunjukkan kecepatan mengagumkan. Mulai dari Antonio Valencia, Raheem Sterling, Gareth Bale, Theo Walcott, hingga Arjen Robben.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Antonio Valencia (35,2 km/jam)

1. Antonio Valencia (35,2 km/jam)

Kecepatan adalah alasan mengapa Manchester United merekrut Valencia dari Wigan Athletic dengan mahar 18,9 juta euro di musim panas 2009. Perannya sebagai penyerang sayap kanan dan bek kanan benar-benar dijalani dengan baik.

Kecepatan mengagumkan pun sempat diperlihatkan Valencia saat MU menghadapi Liverpool di Anfield pada Liga Premier 2012/2013, 23 September 2012. Kecepatan Valencia saat itu sampai membuat Glen Johnson dan Steven Gerrard bertubrukan.

Pada laga itu sendiri, MU mampu memenangi laga dengan skor 2-1 meski sempat tertinggal lebih dulu. Gol Gerrard di menit 46 dibalas Rafael (51) dan Robin van Persie (81). Duel itu juga dihiasi dengan kartu merah Jonjo Shelvey di menit 33.

Sayang, belakangan ini Valencia tak mampu tampil secara regular bersama skuat Setan Merah. Itu karena ia harus bolak-balik ruang medis untuk mengatasi cederanya. Musim 2015/2016, ia hanya dimainkan dalam 14 laga Liga Premier.

3 dari 6 halaman

2. Gareth Bale (34,7 km/jam)

2. Gareth Bale (34,7 km/jam)

Sejak masih berkostum Tottenham Hotspur, Bale memang mengambil peran layaknya sebuah pisau yang menyayat lini pertahanan lawan. Itu yang menjadi senjata andalannya di setiap pertandingan. Beberapa tim besar pun sempat menjadi korbannya.

Korban terkini adalah Barcelona saat menghadapi Real Madrid di final Copa del Rey 2013/2014. Saat Madrid menerima banyak tekanan Barca, Bale menunjukkan kepiawaiannya saat menerima umpan Fabio Coentrao. Ia meneruskan umpan Coentrao dengan menjauhkan bola untuk melewati Marc Bartra.

Setelah itu, Bale yang awalnya kalah langkah justru mampu menyalip Bartra dengan kecepatan 34,7 km/jam. Hebatnya, akselerasi memukau itu diakhiri gol penentu kemenangan 2-1 Madrid atas Barca di menit 85.

Itu bukan aksi pertama yang diperlihatkan Bale saat menyisir sisi lapangan dengan kecepatannya. Douglas Maicon pun sempat dibuat keteteran dengan kecepatan Bale saat Inter Milan melawan Tottenham di Liga Champions 2010/2011.

4 dari 6 halaman

3. Theo Walcott (34,3 km/jam)

3. Theo Walcott (34,3 km/jam)

Walcott adalah pemain yang dikenal dengan kecepatannya. Saking hebatnya, Pep Guardiola sampai berkata, "Anda membutuhkan pistol untuk menghentikannya." Bagi Arsene Wenger, ia membandingkan Walcott dengan Top Scorer Arsenal sepanjang masa, Thierry Henry.

Bahkan, pemain sekaliber Lionel Messi pun tak ragu memujinya. Menurutnya, Walcott adalah pemain paling berbahaya yang pernah dilawan Messi. Selain kecepatannya, Walcott juga memiliki keseimbangan, gerakan, dan teknik yang fantastis.

Pujian Guardiola dan Messi diucapkan setelah Barcelona dan Arsenal bertemu Camp Nou pada leg kedua perempat final Liga Champions 2009/2010. Kala itu, Walcott memang memperlihatkan keunggulannya dalam kecepatan berlari tanpa bola.

5 dari 6 halaman

4. Arjen Robben (33,9 km/jam)

4. Arjen Robben (33,9 km/jam)

Kecepatan adalah senjata andalan Robben untuk mengoyak pertahanan lawan. Sudah berulang kali kecepatan Robben membuat lawan terkapar. Salah satu aksinya tercipta saat Belanda melawan Spanyol pada fase grup Piala Dunia 2014.

Kala itu, bek sekaliber Sergio Ramos dibuat malu karena kecepatan Robben. Sprint yang dilakukan Robben benar-benar tak mampu dikejar Ramos. Semakin sempurna karena Robben mengakhirinya dengan sebuah gol. Berkat aksi Robben pula Spanyol dipermalukan Belanda 5-1.

Saat mempecundangi Ramos, kecepatan Robben mencapai 33,9 km/jam. Sayang, saking cepatnya, Robben kerap mengalami cedera saat pemain lawan mencoba menghentikannya saat ia sedang berlari. Hal itu pula yang membuat Robben dijuluki Si Manusia Kaca.

6 dari 6 halaman

5. Cristiano Ronaldo (33,6 km/jam)

5. Cristiano Ronaldo (33,6 km/jam)

Ronaldo adalah salah satu contoh sempurna dari sosok seorang pesepak bola. Ia memiliki banyak kemampuan dalam dirinya. Mencetak gol, kekuatan, akurasi, lompatan, hingga kecepatan. Tak heran jika ia disebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia saat ini bersama Lionel Messi.

Diketahui, mantan pemain Manchester United itu mampu mencapai jarak 100 menit hanya dalam 10 detik. Bahkan, hal itu mampu dilakukan Ronaldo dengan menggiring bola. Sepanjang kariernya, Ronaldo pun sempat berlari dengan kecepatan 33,6 km/jam.

Berkat kecepatannya, Ronaldo pun menjadi pemain yang menikmati begitu banyak gelar bergengsi. Jika ditotal, sudah 18 kali ia mengangkat sebuah trofi. Terkini adalah Piala Eropa 2016 yang ia menangkan bersama Portugal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini