Sukses

Persib Tekuk Persipura, Vujovic Dapat Kado Ultah Kepagian

Total, sudah tiga gol dicetak Vladimir Vujovic bersama Persib Bandung sepanjang turnamen ini.

Liputan6.com, Jayapura - Bek Persib Bandung, Vladimir Vujovic akan merayakan hari jadi ke-34 pada 23 Juli 2017. Namun dua hari sebelum ulang tahun, Vujovic memberikan kontribusi yang luar biasa buat Persib Bandung. Ia membantu Maung Bandung menaklukkan Persipura Jayapura dua gol tanpa balas.

Kado kepagian ini diperoleh lewat titik putih penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Ricardo Salampessy menghentikan tendangan Roberto Pugliara dengan tangan, menit 45. Kesempatan itu tak disia-siakan Vujovic untuk mencetak gol dan membawa timnya memimpin 1-0 atas Persipura.

Tertinggal satu gol, Persipura lebih bermain terbuka. Namun kalah jumlah membuat pertahanan Mutiara Hitam kendur. Kesempatan ini lalu dimanfaatkan Persib untuk menambah keunggulan lewat gol Samsul Arif di masa injury time. Maung Bandung pun menang dengan skor 2-0.

Keputusan Persib mendatangkan Vujovic dari OKF Petrovac, klub asal Montenegro, pada 2014 terbilang tepat. Setelah ia datang, Persib pun menjadi tim yang memiliki pertahanan cukup solid.

Vujovic punya andil besar membawa Persib jadi kampiun Liga Super Indonesia (ISL) 2014. Di babak semifinal, Vujovic berhasil mengubur mimpi Arema melaju ke final lewat gol pada menit ke-83. Gol ini memaksa laga berlanjut ke babak tambahan yang akhirnya dimenangkan Persib. 

Persib akhirnya keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan Persipura lewat adu penalti. Babak tos-tosan terpaksa digelar setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga 120 menit. 

Naluri gol Vujovic ternyata belum luntur. Kemampuan menyerang Vujovic kembali terlihat pada ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Bahkan saat ini, Vujovic masih menjadi pencetak gol terbanyak sementara Persib dengan koleksi 3 gol.

Gol pertamanya tercipta saat Persib menang 2-0 atas Bali United di Stadion Si Jalak Harupat. Lalu, ia juga menyumbang satu gol saat Persib ditahan Persiba Balikpapan 1-1 di Stadion Persiba. Dan yang terbaru, Vujovic juga berhasil menjebol gawang Persipura lewat titik putih penalti. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karier Vujovic

Kemampuan Vujovic di lapangan tidak datang tiba-tiba. Jam terbangnya sebagai pesepakbola profesional ikut menempa skill pemain jangkung tersebut. 

Sebelum ke Indonesia, Vujovic telah malang melintang di sejumlah klub-klub Eropa Timur. Ia memulai karier profesionalnya sejak 1999 bersama Mogren Budva. Selanjutnya, Vujovic berpindah-pindah klub ke FK Beograd, OFK Petrovac, Sutjeska Niksic, hingga Pobeda Prilep.

Di Pobeda Prilep, kemampuan Vujovic sebagai bek yang gemar mencetak gol mulai terasah. Buktinya, saat itu Vujovic mampu mencetak tujuh gol dari 28 laga. Penampilannya bersama Al Wahda pada 2006-2007 juga memukau. Kala itu, ia melesakkan enam gol dari 28 laga.

Di luar lapangan, Vujovic sempat menerbitkan buku autobiografi berjudul Hati Biru pada Mei 2016. Dalam buku setebal 256 halaman, pria asal Montenegro tersebut membeberkan seluruh kisah hidupnya sejak memulai karier hingga akhirnya berlabuh ke Persib dan berhasil membawa tim Maung Bandung meraih tiga piala yaitu ISL 2014, Piala Presiden, dan Wali Kota Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini