Sukses

Disiplin, Kunci Sukses Persib Bungkam Persipura

Persib memberikan kekalahan kandang perdana buat Persipura.

Liputan6.com, Jayapura - Persib Bandung menjadi tim pertama yang meraih kemenangan di Stadion Mandala pada ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Tim Maung Bandung menghantam tuan rumah Persipura Jayapura, 2-0, Kamis (21/7/2016). Pelatih Persib, Djajang Nurdjaman, menyebut kunci sukses timnya adalah bermain disiplin.

Stadion Mandala memang memiliki atmosfer yang menakutkan bagi lawan. Hal itu yang membuat Persipura belum terkalahkan di kandang sebelum bertemu Persib. Rapor mereka dari empat laga kandang adalah dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Dua kemenangan kandang terkini didapat saat mereka membungkam Perseru Serui 1-0 dan Barito Putera 5-4. Sayang, mereka gagal menjaga keangkeran Mandala kala kedatangan Persib, tim yang mengalahkan mereka di final Indonesia Super League (ISL) 2014 lewat adu penalti.

Kali ini, tim Maung Bandung kembali menjadi momok bagi tim Mutiara Hitam. Persipura yang dibesut Jafri Sastra harus mengakui keunggulan Persib. "Saya bersyukur karena kami bisa meraih kemenangan dengan meyakinkan. Kami berhasil menghapus statistik kekalahan di kandang Persipura. Kunci dari kemenangan ini adalah disiplin para pemain sejak menit awal hingga laga usai," tutur Djanur seusai pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taktik Jitu

Dalam pertandingan tersebut, Persib memang membuat para penyerang Persipura frustrasi. Mereka menerapkan sistem pertahanan kokoh yang sulit ditembus Persipura. Berbagai macam upaya Persipura pun begitu mudah digagalkan para pemain Persib.

Ujungnya, Persib sukses mencuri gol dari sebuah drama yang terjadi di pengujung babak pertama. Wasit memberikan kartu merah setelah Ricardo Salampessy menghentikan tendangan Roberto Pugliara dengan tangannya di menit 45. Hadiah penalti juga diberikan kepada Persib. Kesempatan itu dimanfaatkan Vujovic untuk mencetak gol dari titik putih.

Di babak kedua, Persib juga kalah jauh dari Persipura soal penguasaan bola. Seperti di babak pertama, Persib lebih fokus menjaga pertahanannya sambil sesekali melancarkan serangan balik. Atep pun baru dimainkan Djanur di menit 90+1. Ternyata, taktik Djanur benar-benar jitu. Lewat serangan balik, Atep memberikan umpan yang sukses dimaksimalkan Samsul Arif di pengujung babak kedua.

"Sebelum pertandingan, saya sudah menginstruksikan kepada pemain untuk selalu mengantisipasi para penyerang Persipura. Dan, itu bisa dilakukan dengan baik sehingga para penyerang mereka tak bisa berbuat banyak di laga ini," jelas Djanur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.