Sukses

Julen Lopetegui Pelatih Baru Timnas Spanyol

Julen Lopetegui menggantikan Vicente del Bosque sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Liputan6.com, Madrid - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Kamis (21/7/2016), telah menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Pria 49 tahun itu menggantikan Vicente del Bosque yang mengundurkan diri usai Piala Eropa 2016.

Sebelumnya, Lopetegui dalam status menganggur setelah dipecat FC Porto pada Januari 2016. Dia dipecat setelah Porto menderita tiga kekalahan beruntun, termasuk kalah 0-2 dari Sporting Lisbon.

Seperti dilansir The Guardian, Lopetegui pernah membawa Timnas Spanyol juara Piala Eropa U-19 di Estonia pada 2012 silam. Setahun kemudian, ia mengantarkan Timnas Spanyol juara Piala Eropa U-21. Ketika itu Spanyol diperkuat David de Gea, Koke, Isco, dan Thiago Alcantara.

Sementara itu, Del Bosque memutuskan mundur setelah Spanyol tersingkir di perempat final Piala Eropa 2012. Spanyol takluk 0-2 dari Italia lewat gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle.

Del Bosque menjadi pelatih Timnas Spanyol menggantikan Luis Aragones pada 2008. Eks pelatih Real Madrid sukses membawa Spanyol meraih trofi Piala Dunia 2010. Dua tahun kemudian, tangan dinginnya membuat Spanyol mempertahankan gelar Piala Eropa.

Lopetegui akan memulai tugas pertamanya saat Timnas Spanyol menghadapi Belgia dalam pertandingan persahabatan pada 2 September mendatang. Empat hari kemudian, Spanyol bertemu Liechtenstein dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini