Sukses

Beredar Hoax Rio Haryanto Meninggal Dunia

Muncul berita hoax Rio meninggal yang disebarkan melalui akun Facebook palsu.

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah semakin terkenalnya Rio Haryanto sejak ikut balapan Formula 1, ada saja pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba menunggangi popularitas pemuda Surakarta itu. Belum lama ini beradar berita mengenai meninggalnya Rio akibat kecelakaan di arena F1.

Berita tersebut dibuat sebuah laman merpatipos.online dengan judul "Tragis! Rio Harianto meninggal setelah kecelakaan fatal F1 Ini Kronologisnya". Demi meyakinkan netizens, pihak tidak bertanggung jawab itu menyebarkannya di Facebook dengan menggunakan akun yang mengatasnamakan Liputan6 SCTV.

Liputan6 SCTV menegaskan berita mengenai meninggalnya Rio itu sama sekali tidak benar. Akun Facebook Liputan6 SCTV tersebut merupakan akun palsu.

Pelaku penyebaran hoax tersebut kemungkinan bertujuan untuk menarik perhatian netizens agar mengklik tautan yang mengarahkan ke situs yang berisi kabar bohong tersebut.

"Selama ini memang banyak akun-akun palsu mengatasnamakan Liputan6 SCTV. Akun yang memuat berita Rio meninggal itu palsu. Kami sudah melaporkannya ke pihak Facebook. Mereka akan segera melakukan verifikasi akun resmi kami," tutur Afgiansyah, Head of Digital SCTV dan Indosiar, saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (23/7/2016).

Rio sendiri dalam keadaan sehat walafiat. Saat ini Rio sedang sibuk mengikuti balapan F1 GP Hungaria. Hari Sabtu (23/7/2016) ini, Rio dijadwalkan turun di sesi kualifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini